Senin, 29 April 2024

Kemenag: Manasik Jemaah Haji di KUA Dimulai Setelah Idulfitri

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Calon jemaah haji mengelilingi replika Kabah saat mengikuti praktik manasik haji di Lapangan Kompleks Asrama Haji Embarkasi Surabaya. Foto : Dokumen suarasurabaya.net.

Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan akan segera menggelar bimbingan manasik bagi jemaah haji reguler.

Bimbingan manasik merupakan proses pembekalan yang dilakukan Kementerian Agama kepada jemaah haji reguler. Pelaksanaannya dilakukan oleh para penyuluh agama, pembimbing ibadah di KUA dan pembimbing ibadah KBIHU.

Dalam bimbingan manasik, jemaah mendapatkan materi seputar ibadah haji (rukun, wajib, larangan, dan lainnya), termasuk rencana perjalanan ibadah haji (tahapan), kesehatan haji, dan layanan untuk Jemaah haji. Khusus tahun ini, ada tambahan materi seputar haji ramah lansia.

“Secara umum, penyelenggaraan manasik di KUA akan dimulai setelah lebaran Idulfitri,” terang Arsad Hidayat Direktur Bina Haji saat memberikan arahan pada rapat Zoom tentang Sosialisasi Pelaksanaan Bimbingan Manasik, Selasa (18/4/2023), mengutip laman resmi Kemenag.

Rapat diikuti para Kepala Bidang PHU Kanwil Kemenag Provinsi dan ratusan Kepala Seksi PHU Kemenag Kab/Kota se-Indonesia.

Menurut Arsad, Kemenag Kabupatan/Kota di Pulau Jawa akan melaksanakan delapan kali bimbingan manasik. Rinciannya, enam kali berlangsung di tingkat KUA Kecamatan, sedangkan dua kali di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota.

Untuk Kemenag Kabupaten/Kota di luar Pulau Jawa, bimbingan manasik digelar 10 kali. Rinciannya, sebanyak delapan kali bimbingan manasik berlangsung di tingkat KUA Kecamatan, sisanya akan digelar di tingkat Kemenag Kabupaten/Kota.

“Saya minta para Kabid bersama Kasi Kemenag Kabupaten/Kota untuk menyusun jadwal bimsik dan menyosialisasikannya kepada seluruh jemaah haji,” tegas Arsad.

“Para Kepala Kemenag Kabupaten/Kota juga perlu membuat surat undangan panggilan Bimsik. Undangan itu bisa digunakan jemaah untuk mengurus perizinan dari kantor mereka masing-masing, khususnya jemaah yang ASN atau pegawai BUMN dan swasta,” sambungnya.

Mengusung tagline Haji Ramah Lansia, pihaknya berharap agar semangat ini bisa melandasi jemaah lainnya supaya peduli terhadap sesamanya terlebih jemaah lansia.(dfn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs