Minggu, 28 April 2024

Kemenhub Adakan Mudik Gratis ke Sebelas Kota untuk Kurangi Kemacetan saat Libur Natal dan Tahun Baru

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Hilir mudik calon penumpang memasuki lorong keberangkatan bus di Terminal Purabaya, Sidoarjo, Jumat (22/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net Hilir mudik calon penumpang ketika memasuki lorong keberangkatan bus di Terminal Purabaya pada Jumat (22/12/2023). Foto: Feby Magang suarasurabaya.net

Kementerian Perhubungan berupaya mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas akibat masifnya pergerakan masyarakat di momen liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru) dengan menyediakan mudik gratis ke sebelas kota.

“Ini adalah sebagai bentuk kepedulian dan kehadiran negara untuk memfasilitasi masyarakat, semoga program ini dapat bermanfaat dan juga dapat mengurangi tingkat kecelakaan yang akan terjadi selama masa Natal dan tahun baru” kata Robby Kurniawan Kepala Badan Kebijakan Transportasi (BKT) Kemenhub, Sabtu (23/12/2023) dilansir Antara.

Robby menyampaikan tingginya kecelakaan lalu lintas membuat Menhub mengambil suatu kebijakan untuk mengadakan program mudik gratis di masa Nataru, atas arahan Presiden.

Dia juga menyampaikan apresiasi kepada semua pihak dan pemangku kepentingan dari Organda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan serta semua pihak terkait yang telah mendukung dan melaksanakan program mudik gratis dengan baik.

“Kami doakan semoga bapak-bapak ibu-ibu sekalian yang akan melakukan perjalanan tetap sehat dalam perjalanan selamat sampai tempat tujuan berjumpa dengan keluarga dan kemudian nanti pada saatnya lagi bisa kembali ke sini dalam keadaan sehat walafiat juga,” ucapnya.

Di sisi lain, Suharto Plt. Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) menyampaikan penyelenggaraan Mudik Gratis Natal dan tahun baru ini kembali digelar setelah melalui masa Covid-19 karena memperhatikan hasil survei BKT.

“Mudik gratis ini untuk memberikan pelayanan sekaligus ini demi menjaga ketertiban, kami juga sudah berkali-kali mengimbau adanya mudik gratis ini untuk masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan pribadi khususnya menggunakan sepeda motor karena tingkat fasilitas paling tinggi adalah penggunaan sepeda motor makanya kami akan hadir untuk memberikan kenyamanan keamanan bermasyarakat,” tutur Suharto.

Lebih lanjut, adapun sebelas kota tujuan mudik gratis yang disediakan Kemenhub adalah Semarang, Solo, Yogyakarta, Wonogiri, Cilacap, Purwokerto, Wonosobo, Surabaya, Kediri, Malang dan Madiun.

Berdasarkan rencana dan operasi, kuota mudik gratis berjumlah 3.600 peserta dengan jumlah bus sebanyak 90 unit. Bus itu terbagi menjadi sebanyak 27 bus diberangkatkan dari Terminal Kampung Rambutan dan 63 bus lainnya diberangkatkan dari Terminal terpadu Pulogebang pada waktu yang sama.

Selain mudik gratis, Kemenhub melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat juga telah menyediakan sarana truk pengangkut sepeda motor yang sudah diberangkatkan pada 22 Desember 2023 kemarin dari Terminal tipe A Pondok Cabe Kota Tangerang. (ant/feb/saf/iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs