Minggu, 28 April 2024

Kemenkes Sediakan Layanan Pos Kesehatan Gratis Selama Libur Nataru

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI. Foto: Kemenkes

Azhar Jaya Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyebutkan, masyarakat dapat memanfaatkan sejumlah layanan di pos kesehatan yang tersedia di sejumlah lokasi selama musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 secara gratis.

“Saya informasikan seluruh pos kesehatan itu gratis,” ujar Azhar, Kamis (28/12/2023) dilansir Antara.

Jika dibutuhkan perawatan medis yang lebih serius, kata Azhar, pembiayaannya dapat ditanggung oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bagi pelaku perjalanan yang telah menjadi anggota Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Sementara jika terjadi kecelakaan lalu lintas, maka biaya penanganan akan ditanggung oleh Jasa Raharja.

“Jadi ya intinya kalau sudah menjalankan kewajiban sebagai warga negara yang baik, membayar pajak kendaraan, ikut menjadi anggota BPJS, maka tidak usah khawatir. Semuanya sudah direncanakan dan akan ditanggung oleh negara,” jelasnya.

Lebih lanjut dia memaparkan, pihaknya menyediakan 2.059 pos pelayanan kesehatan serta 352 unit Public Safety Center (PSC) 119 yang dapat digunakan masyarakat selama musim libur Nataru atau sejak 18 Desember 2023 sampai 3 Januari 2024.

Sejumlah pos tersebut, dilengkapi dengan sejumlah fasilitas seperti layanan pemeriksaan kesehatan dasar, layanan pemeriksaan Covid-19, hingga layanan akupresur dan akupunktur.

“Tentu kami bekerja sama dengan semua pihak. Kami bekerja sama dengan Kemenhub, Kepolisian, serta pengelola tol, dan rest area,” ungkapnya.

Pihaknya juga telah menyiagakan 10.147 puskesmas serta 3.137 rumah sakit, termasuk rumah sakit swasta di sejumlah wilayah di Indonesia yang siap melayani masyarakat pada musim libur ini.

“Pemerintah ingin hadir ketika masyarakat sedang merayakan sesuatu, atau bergerak untuk melakukan suatu kegiatan. Ini adalah kolaborasi lintas sektor sebagai wujud dari tugas pemerintah untuk melayani masyarakat,” pungkasnya. (ant/feb/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
30o
Kurs