Minggu, 28 April 2024

Kemlu Pastikan Tak Ada WNI jadi Korban Banjir Bandang New York

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Seorang polisi Patroli Jalan Raya NYPD mengamati para pengendara yang sedang menembus banjir di jalanan FDR Drive di Manhattan dekat jembatan Williamsburg di New York City, Amerika Serikat, pada Jumat (29/9/2023). Foto: Antara/Reuters Seorang polisi Patroli Jalan Raya NYPD mengamati para pengendara yang sedang menembus banjir di jalanan FDR Drive di Manhattan dekat jembatan Williamsburg di New York City, Amerika Serikat, pada Jumat (29/9/2023). Foto: Antara/Reuters

Kementerian Luar Negeri memastikan tidak ada warga negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban banjir bandang yang melanda New York, Amerika Serikat.

“KJRI New York telah berkoordinasi dengan otoritas setempat dan komunitas masyarakat Indonesia. Hingga saat ini tidak ada WNI yang menjadi korban banjir bandang tersebut,” kata Judha Nugraha Direktur Perlindungan WNI dan BHI Kemlu, Minggu (1/10/2023) mengutip Antara.

Sebelumnya, KJRI juga telah menyampaikan imbauan kepada masyarakat Indonesia untuk berhati-hati dan selalu memantau informasi dari otoritas lokal.

Judha menuturkan, apabila menghadapi keadaan darurat, WNI diminta supaya segera menghubungi 911 dan hotline KJRI New York +1 347 806 9279.

Untuk diketahui, banjir bandang menerjang New York City dan sekitarnya pada Jumat (29/9). Bencana itu melumpuhkan sebagian besar aktivitas dan kegiatan masyarakat karena berdampak pada melambatnya pelayanan transportasi publik seperti kereta bawah tanah (subway) dan bus.

Banjir akibat hujan lebat tersebut juga menyebabkan sekitar 1.000 penundaan penerbangan dari bandara John F Kennedy, La Guardia, dan Newark.

Kathy Hochul Gubernur Negara Bagian New York mengumumkan keadaan darurat (state of emergency) sebagai respon terhadap hujan lebat dan banjir di Kota New York, Hudson Valley, dan Long Island. (ant/wld/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
27o
Kurs