Sabtu, 27 April 2024

Kerja Bakti Surabaya Bergerak, Warga Kelurahan Jepara Bersihkan Sedimen dan Sampah di Gorong-gorong

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Warga gotong-royong kerja bakti Surabaya Bergerak di Kelurahan Jepara Kota Surabaya, Minggu (15/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Puluhan warga dari sembilan RT di Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya mengikuti kerja bakti Surabaya Bergerak, Minggu (15/1/2023) pagi.

Sejak pukul 06.00 WIB, warga mulai mengikis sedimen mau pun membersihkan sampah dari dalam gorong-gorong di tepi gang serta jalur utama.

Zamroni Wakil Ketua RT 1 mengatakan, sampai pukul 07.15 WIB warga sudah bisa mengumpulkan hampir lima karung berisi sampah di titiknya.

Semua warga di wilayahnya ikut membersihkan serentak. Dia bilang, pembersihan gorong-gorong itu perlu dilakukan karena sering muncul genangan waktu hujan deras.

“Bersih-bersih gorong-gorong karena ada sungai belakang rumah warga, cuma berjarak 10 meter. Kami rutin setiap ada imbauan RW,” papar Zamroni.

Warga gotong-royong kerja bakti Surabaya Bergerak di Kelurahan Jepara Kota Surabaya, Minggu (15/1/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sementara itu, Chasis Ketua RW 1 mengatakan akan menggiatkan kegiatan yang semula dua kali setahun menjadi lebih sering.

“Kami selalu kerja bakti setahun dua kali Juli dan Januari. Tapi, dengan adanya Surabaya Bergerak, kami bisa lebih baik dan ada bantuan-bantuan glangsing dan pengangkutan. Semoga bisa ngurangi sampah gorong-gorong,” ucapnya waktu kerja bakti di Jalan Jepara V.

Melihat antusiasme warganya, Tiena Wahjuningsih Pribadi Lurah Jepara mengaku akan mendaftarkan beberapa RW sekaligus di periode Surabaya Bergerak berikutnya yaitu 29 Januari 2023.

Rencananya, dua pekan lagi kerja bakti akan menyasar Kali Greges yang ada di sekitar rumah warga.

“Mungkin dalam waktu dekat ada lagi kerja bakti massal membersihkan Kali Greges gabungan RW 2, 7, dan 8. Hari ini, mayoritas warga membersihkan gorong-gorong dari endapan sedimen dan tumpukan sampah.

Untuk diketahui, kegiatan “Surabaya Bergerak” terselenggara atas inisiasi Suara Surabaya Media dengan Pemerintah Kota Surabaya yang melibatkan unsur pentahelix, didukung PT Pelindo Terminal Petikemas, CitraLand Surabaya Green, Clean and Modern International City dan PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER).

Program itu mengajak warga untuk kerja bakti serentak membenahi saluran tersier di perkampungan. Langkah itu mendukung Pemkot Surabaya yang sedang melakukan perbaikan, juga pembangunan saluran primer mau pun sekunder.

Selain mengoptimalkan penanganan banjir, Surabaya Bergerak juga bertujuan membangun serta memupuk semangat gotong-royong warga dalam menjaga kotanya.(lta/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
28o
Kurs