Senin, 29 April 2024

Ketua MPR Minta Dishub Terus Menyeleksi Bus yang Dipakai Untuk Transportasi Lebaran

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Bambang Soesatyo Ketua MPR RI. Foto: Istimewa

Bambang Soesatyo (Bamsoet) Ketua MPR RI minta Dinas Perhubungan agar terus menyeleksi bus-bus yang tidak memenuhi syarat kelaikan jalan. Selain itu, Dishub juga harus memastikan perusahaan bus berkomitmen untuk setiap bus yang tidak laik jalan tersebut tidak melanggar ketentuan dengan memaksakan untuk beroperasi.

Hal ini disampaikan Bamsoet, menyikapi mudik lebaran dimana per Maret Kemenhub telah melakukan pemeriksaan terhadap 7.660 unit bus. Dari total bus tersebut, sebanyak 1.414 unit bus atau 18,5 persen dinyatakan tidak laik jalan.

“Meminta Kemenhub bersama Dishub untuk terus secara rutin dan disiplin melakukan operasi ramp check di setiap terminal bus. Hal ini untuk keselamatan penumpang, disamping mengingatkan dan mengarahkan para pengusaha bus untuk melakukan uji kelaikan (KIR) terhadap bus yang akan dioperasikan saat mudik Lebaran,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Selasa (4/4/2023).

Kata dia, upaya-upaya ini penting dilakukan sebagai salah satu upaya dalam meminimalisir hingga mencegah terjadinya kecelakaan akibat ketidaklaikan bus.

“Pemerintah melakukan ini agar memberikan rasa aman bagi para pemudik yang akan menggunakan bus pada saat mudik Lebaran tahun ini,” jelasnya.

Ketua MPR juga meminta komitmen Kemenhub melalui Dishub untuk menjamin dan memastikan kelaikan armada bus dengan melakukan double check terhadap keamanan dan kelaikan setiap armada bus yang ada atau yang beroperasi.

Menurut Bamsoet, Kemenhub harus bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk memastikan para pengemudi bus khususnya yang akan bertugas saat momen mudik Lebaran, dalam kondisi sehat, tidak dibawah pengaruh alkohol, serta mampu menjalankan tugasnya dengan baik dan bertanggung jawab.(faz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs