Jumat, 10 Mei 2024

Khotbah Id di Jalan Pahlawan Tekankan Pentingnya Mensyukuri Nikmat

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Suasana jemaah salat Id di Jalan Pahlawan, Bubutan, Surabaya, pada Jumat (21/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Puluhan ribu warga Persyarikatan Muhammadiyah dari Bubutan Surabaya dan sekitarnya, menggelar salat Idulfitri 1444 H di Jalan Pahlawan, pada Jumat (21/4/2023).

Hamri Al-Jauhari, khatib salat Idulfitri di Jalan Pahlawan Surabaya menyampaikan tentang pentingnya mensyukuri nikmat Allah SWT.

“Sebagai Umat muslim, wajib mensyukuri kenikmatan yang diberikan oleh Allah untuk mengabdi kepada Allah, seperti salat lima waktu jangan sampai kita lupakan karena kesibukan yang tidak ada artinya,” ucapnya saat menyampaikan khotbah.

Selain itu, dia juga menekankan kepada Umat Muslim terus meningkatkan kualitas ketakwaan, yaitu takwa dalam arti melaksanakan perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya, baik di waktu ramai mau pun sepi.

“Kokohkan keimanan kita kepada Allah, mungkin masa lalu pernah berbuat dosa, pernah melakukan apa yang dilarang oleh Allah, tetapi saat ini, mari kita melangkah dengan kebaikan-kebaikan yang baru,” ucapnya.

Jemaah perempuan saat salat Idulfitri di Jalan Pahlawan, Bubutan, Surabaya, pada Jumat (21/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Pada kesempatan itu, dia juga menyampaikan manusia di muka bumi ini tidak ada yang bisa menghindari kematian.

“Kita adalah calon-calon jenazah. Kematian pasti menemui, dan manusia harus mempertanggungjawabkan apa yang telah dilakukan semasa hidup. Melakukan kebaikan sekecil apapun akan ada balasannya. Begitu juga dengan keburukan, sekecil apapun juga pasti ada balasannya,” jelasnya.

Oleh karena itu, Hamri menekankan Umat Muslim terus bersama-sama memperbaiki diri, dengan meningkatkan iman dan menguatkan Islam.

Selanjutnya, dia juga mengingatkan dalam hidup ini Umat Muslim harus mempelajari Al-Quran.

“Al-Quran adalah Huda li an-nas, petunjuk bagi manusia. Oleh karena itu, kita harus mempelajari Al-Quran. Bacalah Al-Quran, karena itu akan menyelamatkan kita di akhirat nanti,” pungkasnya.(ris/ihz/rid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 10 Mei 2024
29o
Kurs