Kamis, 9 Mei 2024

Kolaborasi Bank Sampah di Surabaya Ditarget Kurangi Sampah Plastik 5 Ton Sehari

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya, Senin (10/7/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Pemerintah Kota Surabaya menarget buangan sampah plastik berkurang hingga lima ton setiap hari lewat kolaborasi bank sampah mulai tingkat kelurahan hingga kota.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyebut, tujuan kolaborasi ini sekaligus memberi dampak ekonomi setiap kampung.

“Karena apa, saya ingin yang ada di kelurahan itu tidak bingung menjualnya. Biasanya, diambil tengkulak harusnya tidak, ia mengambil dari rumah setelah itu dibeli bank sampah kelurahan, lalu kelurahan dibeli tingkat kota sehingga tingkat kota yang berhubungan dengan pabrik, jadi ada sirkulasi ekonominya, karena sampah menghasilkan ekonomi besar,” jelas Eri kepada suarasurabaya.net, Senin (10/7/2023).

Lebih rinci, Agus Hebi Djuniantoro Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya menjelaskan, selama ini total sudah lebih dari 600 bank sampah menyebar di setiap kelurahan, namun belum bekerja optimal.

“Ada juga sekolah dan perkantoran. Aktivitasnya belum optimal. Per hari ini hanya bisa maksimal (mengurangi sampah plastik) dua ton per hari,” jelasnya.

Usai kolaborasi, bank sampah induk ditingkat kota akan menampung bank sampah semua kelurahan dengan sistem membeli setoran sampah.

Hasil pengumpulan sampah itu nantinya difasilitasi pemkot untuk disalurkan ke pabrik kertas dan plastik melalui kerja sama.

“Bank sampah induk bertanggungjawab ini dijual ke mana, dengan harga sama. Tidak jatuh, tidak terlalu tinggi. Nanti bank sampah induk kita fasilitasi ke pabrik kertas, pabrik plastik,” tambahnya.

Hebi menarget, setidaknya jumlah sampah plastik bisa berkurang lima ton dalam sehari. Rencana ini berkaitan dengan lomba Kampung Surabaya Hebat yang dibuka mulai hari ini.

“Minimal tahun ini lima ton per hari. Itu sudah bagus kan sekarang plastik sudah berkurang dua ton. Misal ada semacam ini nanti dihidupkan setiap hari,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, dari total sekitar 1.600 ton sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo Surabaya, 22 persen lebih di antaranya merupakan sampah plastik. Artinya, ada 352 ton lebih sampah plastik dalam sehari. Namun kini sudah berkurang dua ton sehari sejak tahun lalu. (lta/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
28o
Kurs