Senin, 29 April 2024

Komisi V DPR Minta KAI Lakukan Pengawasan Ekstra Sistem Infrastruktur

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Proses evakuasi Kereta Api Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan Kereta Api Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng, anjlok di lintasan Stasiun Sentolo - Stasiun Wates, pada Selasa (17/10/2023). Foto: BNPB Proses evakuasi Kereta Api Argo Semeru relasi Surabaya Gubeng - Gambir dan Kereta Api Argo Wilis relasi Bandung – Surabaya Gubeng, anjlok di lintasan Stasiun Sentolo - Stasiun Wates, pada Selasa (17/10/2023). Foto: BNPB

Kecelakaan Kereta Api (KA) Argo Semeru dan KA Argo Wilis yang terjadi hari, Selasa (17/10/2023) hingga menyebabkan 31 penumpang kereta mengalami luka-luka menuai sorotan.

Menurut hasil investigasi sementara KAI bersama Kementerian Perhubungan dan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), penyebab kecelakaan kemungkinan akibat efek panas terik yang membuat rel memuai.

Merespon hal itu, Andi Iwan Darmawan Aras Wakil Ketua Komisi V DPR RI mengkritik PT KAI yang kurang mengantisipasi cuaca panas tersebut.

Sebagai operator, PT KAI seharusnya melakukan persiapan ekstra dengan adanya fenomena kemarau panjang.

“Harusnya kan diantisipasi. Sudah tahu kita menghadapi kemarau berkepanjangan dampak El Nino, mestinya perawatan dilakukan secara lebih dari biasanya. Karena suhu panas menyengat seperti saat ini bisa membuat rel memuai. Sehingga, rawan kecelakaan,” ujarnya di Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Legislator dari Fraksi Partai Gerindra tersebut juga menyinggung peran Kemenhub, khususnya Direktorat Jenderal Perkeretaapian.

Dia mengingatkan pemerintah melakukan pengawasan ekstra terhadap sistem infrastruktur semua moda transportasi supaya tetap aman di segala musim.

“Kurang maksimalnya pengawasan biasanya membuat lengah pihak operator. Padahal, kondisi kita tidak sedang baik-baik saja. Cuaca ekstrem akibat perubahan iklim melanda semua negara di dunia, maka semua sektor yang berhubungan dengan kehidupan masyarakat harus bersiap,” ungkapnya

Iwan Aras melanjutkan, masyarakat menaruh kepercayaan keselamatan hidup mereka kepada pemerintah dan penyedia layanan transportasi saat melakukan perjalanan.

“Kepercayaan yang telah diberikan masyarakat itu harus selalu dijaga. Caranya, dengan memastikan semua infrastruktur dan armada transportasi publik terjaga dengan baik. Kecelakaan memang sulit dihindari, tapi bisa diantisipasi bila kita betul-betul menjaga dan memelihara semua sistem dan sarana transportasi dengan sebaik-baiknya,” tandasnya.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs