Senin, 29 April 2024
Advertorial

Komisi V DPR: Tahun Depan Kemenhub Harus Tuntaskan Proyek Strategis Nasional

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tim Laboratorium Forensik Kepolisian Daerah Jawa Timur di lokasi ambruknya girder Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro), Senin (30/10/2017). Foto: Istimewa

Hamka Baco Kady Anggota Komisi V DPR RI mendesak Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menuntaskan berbagai Proyek Strategis Nasional di tahun anggaran 2023/2024.

Karena, masa pemerintahan Joko Widodo sebagai Presiden akan segera berakhir tahun 2024 mendatang.

Maka dari itu, dia menyarankan Kemenhub menyusun skala prioritas.

“Yang menjadi harapan kami dalam pembahasan tahun 2024 nanti adalah anggaran Rp38,4 triliun ini saya minta kepada Kementerian Perhubungan seluruh jajarannya mulai Dirjen Laut, Udara, Kereta Api, dan Darat semua harus memisahkan yang mana masih berlanjut proyeknya, dan mana yang sudah harus berhenti pada tahun 2024,” ujarnya di Jakarta, Minggu (2/9/2023).

Lebih lanjut, dia juga minta Kemenhub menentukan proyek mana yang perlu segera dituntaskan dan mana yang bisa ditunda dengan anggaran yang dimiliki pada tahun ini.

“Kami akan mengevaluasi apa yang belum selesai dan di tahun 2024 untuk segera diselesaikan kalau itu memang harus selesai. Maka, fokus anggaran tahun 2024 adalah menyelesaikan program-program yang dikerjakan secara multiyears,” jelasnya.

Politikus Partai Golkar itu secara umum juga mengapresiasi kinerja Kemenhub pada tahun 2022.

“Secara umum kami mengapresiasi kinerja Kementerian Perhubungan pada tahun 2022, dan InsyaAllah akan dituangkan dalam Undang-undang Pertanggungjawaban Keuangan Pemerintah Pusat Tahun 2022,” imbuhnya.

Sekadar informasi, Kemenhub mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap hasil pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) Tahun 2022.

Tahun depan, pagu anggaran Kemenhub dialokasikan sebanyak Rp38,4 triliun.(rid/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs