Selasa, 30 April 2024

Korsel, AS dan Jepang Gelar Latihan Bareng Usai Korut Luncurkan Rudal Balistik

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Kapal selam bertenaga nuklir milik Amerika Serikat (AS) berlabuh di sebuah dermaga pelabuhan di Busan, Korea Selatan pada Jumat (16/6/2023). Foto: Yonhap via Reuters.

Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Jepang mengadakan latihan pertahanan rudal trilateral, di perairan internasional Laut Timur, Minggu (16/7/2023).

Latihan itu merupakan respons atas aksi Korea Utara meluncurkan rudal balistik antarbenua (ICBM), Rabu (12/7/2023) pagi.

Dilansir Antara, latihan tempur tersebut dilaksanakan untuk memperkuat koordinasi keamanan di tengah serangan Pyongyang yang terus berlanjut, dengan puncaknya peluncuran ICBM berbahan bakar padat Hwasong-18, Rabu lalu.

Latihan trilateral itu melibatkan tiga kapal perusak yang dilengkapi Aegis-ROKS Yulgok Yi I dari Korsel, kapal AS USS John Finn, dan JS Maya dari Pasukan Bela Diri Maritim Jepang.

Dengan skenario peluncuran rudal balistik oleh Korut, latihan difokuskan pada prosedur mendeteksi dan melacak target rudal balistik yang disimulasikan komputer, dan berbagi informasi terkait.

“Latihan dilakukan sebagai kesempatan untuk meningkatkan kemampuan respon militer terhadap rudal balistik dan memperbaiki koordinasi keamanan di antara Korsel, AS dan Jepang,” kata seorang pejabat Angkatan Laut Korsel.

“Berdasarkan sistem respon militer kami yang baik dan koordinasi trilateral, (kami) akan merespon ancaman nuklir dan misil Korut dengan efektif,” imbuh pejabat itu.

Ketiga negara terakhir kali melakukan latihan pertahanan rudal tiga arah pada April. Latihan pada Minggu menjadi latihan keempat di bawah pemerintah Yoon Suk Yeol, yang telah berupaya meningkatkan koordinasi trilateral melawan ancaman militer Pyongyang.

Dalam unjuk kekuatan menghadapi peluncuran ICBM Korut, Korsel dan AS juga mengadakan latihan udara bersama pada Kamis, melibatkan pesawat pengebom U.S. B-52H. (ant/saf/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
26o
Kurs