Minggu, 3 Maret 2024

Korut Tembakkan Rudal Balistik, Peringatkan akan Ubah Pasifik Menjadi “Jarak Tembak”

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Sebuah rudal ditampilkan saat parade militer untuk memperingati 75 tahun berdirinya tentara Korea Utara, di Lapangan Kim Il Sung, Pyongyang, Korea Utara pada 8 Februari 2023. Foto Reuters

Korea Utara menembakkan rudal balistik di lepas pantai timurnya, kata militer Korea Selatan pada hari Senin (20/2/2023).  Kim Yo Jong, Saudar peremupuan Kim Jong Un memperingatkan akan mengubah Pasifik menjadi firing range, yang meningkatkan ketegangan di kawasan tersebut.

Penjaga Pantai Jepang mengatakan, Korea Utara meluncurkan tiga proyektil yang bisa menjadi rudal balistik tak lama setelah pukul 22.00 waktu setempat, yang semuanya jatuh dalam beberapa menit. Ketiganya mendarat di luar ZEE Jepang, kata lembaga penyiaran publik NHK dilansir Reuters.

Peluncuran itu dilakukan hanya dua hari setelah Korea Utara menembakkan rudal balistik antarbenua (ICBM) ke laut lepas pantai barat Jepang, yang disebutnya sebagai “latihan peluncuran mendadak”.

Kim Yo Jong, mengeluarkan pernyataan dan memperingatkan terhadap peningkatan kehadiran aset strategis Amerika Serikat di semenanjung Korea, setelah AS mengadakan latihan udara bersama secara bilateral dengan Korea Selatan dan Jepang pada hari Minggu (20/2/2023) sebagai tanggapan atas peluncuran ICBM Korea Utara.

“Kami dengan hati-hati memeriksa pengaruhnya terhadap keamanan negara kami,” katanya dalam pernyataan itu. “Frekuensi penggunaan Pasifik sebagai jarak tembak kami bergantung pada aksi pasukan AS,” tambahnya.

Kim Yo Jong mengatakan, Korea Utara memiliki teknologi dan kemampuan rudal yang “memuaskan”, dan sekarang akan fokus pada peningkatan kuantitas kekuatan mereka.

Peluncuran rudal hari Senin adalah uji senjata besar ketiga Korea Utara tahun ini setelah Korea Selatan dan Amerika Serikat bersiap untuk latihan militer tahunan mereka sebagai bagian dari upaya untuk menangkis ancaman nuklir dan rudal yang berkembang. (ihz/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
27o
Kurs