Rabu, 1 Mei 2024

Kota Surabaya dan Seluruh Wilayah Jatim Cerah Berawan Seharian

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi cuaca cerah berawan di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Foto: Dok. suarasurabaya.net

Cuaca di Kota Surabaya dan sebagian wilayah Jawa Timur (Jatim) pada akhir pekan ini, Sabtu (12/8/2023), diprakirakan cerah seharian.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangannya yang diterima suarasurabaya.net, menyatakan cuaca seluruh Jatim cerah pada pagi sampai siang hari, dengan wilayah yang berawan hanya Kabupaten Bangkalan.

Sementara sore sampai malam hari, sebagian besar wilayah Jatim akan cerah hingga berawan. Masih belum ada potensi hujan kecil di wilayah Jatim seperti beberapa hari lalu.

Kondisi suhu udara di Jatim, hari ini berkisar 11-34 derajat celcius dengan kelembapan udara 50-100 persen. Angin akan dominan dari arah Timur ke Tenggara dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Di sisi lain, kondisi cuaca di wilayah Perairan Jatim menurut prakiraan BMKG Maritim Tanjung Perak, secara umum cerah berawan.

Arah angin di kawasan perairan itu didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 19 knots (35 kilometer per jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 16 knots (30 kilometer per jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.8 meter, Laut Jawa bagian Timur antara 0.5-1.5 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.3-3.0 meter.

BMKG Maritim juga mengingatkan warga di kawasan pesisir mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs