Senin, 29 April 2024

KPAI Minta RUU Kesehatan Muat Pasal Deteksi Kelainan Anak Sejak Kandungan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Jasra Putra Wakil Ketua KPAI Jasra Putra. Foto: Antara/ KPAI

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta agar RUU Kesehatan memuat pasal terkait upaya mendeteksi kelainan anak sejak dalam kandungan.

“KPAI dalam RUU Kesehatan meminta adanya pasal yang mendeteksi anak sejak dalam kandungan,” kata Jasra Putra Wakil Ketua KPAIsaat dihubungi di Jakarta, Rabu (21/6/2023) dilansir Antara.

Jasra melanjutkan, jika merujuk pada Undang-Undang Perlindungan Anak, kategori anak terhitung sejak dalam kandungan hingga berusia 18 tahun

“Artinya kandungan dihitung sebagai anak, memprasyaratkan perlindungan anak sejak dari perencanaan. Agar rahim yang akan melaksanakan tugasnya, siap, maksimal, optimal dalam melahirkan generasi unggul,” ucapnya.

Menurutya, hal ini penting karena upaya perlindungan anak harus dilakukan sejak dari dalam kandungan. Pihaknya menyebut sosok Putri Ariani, seorang anak penyandang disabilitas yang berhasil mengembangkan bakat berkat dukungan dari keluarga.

Dia meyakini ketika anak penyandang disabilitas ditangani dengan baik, diantaranya melalui terapi dan pelatihan vokasional, tumbuhkembangnya akan optimal seperti Putri Ariani.

“Bahkan orang tuanya menyampaikan hal itu dilakukan sejak Putri lahir prematur umur enam bulan. Bahwa terbukti tumbuh kembang anak disabilitas yang diintervensi sejak dini akan menghasilkan generasi yang unggul dan maju,” kata Koordinator Pokja RUU Kesehatan KPAI ini.

Sebelumnya Putri Ariani menuai pujian dari Simon Cowell, Heidi Klum, Howie Mandel, dan Sofia Vergara selaku para juri America’s Got Talent atas penampilannya pada ajang bergengsi di Amerika Serikat tersebut.

Penampilan Putri Ariani yang memukau juri membuat dirinya mendapatkan Golden Buzzer sebagai pertanda peserta langsung menuju ke babak selanjutnya, atau akses langsung ke panggung Live Show tanpa melewati tahap audisi dan seleksi lainnya. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
27o
Kurs