Selasa, 30 April 2024

KRI Bima Suci Jadi Bintang Tamu Festival Hanse Sail 2023

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Suasana resepsi yang diselenggarakan Pemerintah Indonesia di geladak kapal KRI Bima Suci dalam Hanse Sail 2023 di Warnemünde, Rostock, Jerman. Foto: Antara/ KBRI Jerman

KRI Bima Suci menjadi bintang tamu di Hanse Sail 2023, festival maritim terbesar di Jerman sekaligus festival kapal layar terbesar di dunia yang diselenggarakan di Warnemünde, Rostock, Jerman, pada 10-13 Agustus 2023.

Manuela Schwesig Minister President Negara Bagian Mecklenburg Vorpommern, secara khusus menyebutkan partisipasi KRI Bima Suci dalam sambutan pembukaan Hanse Sail 2023, Kamis (10/8/2023) lalu.

Dilaporkan Antara melansir siaran pers KBRI Jerman, Minggu (13/8/2023), Manuela mengatakan bahwa partisipasi KRI Bima Suci dalam Hanse Sail 2023 sangat mengesankan dan menjadi lambang pentingnya kerja sama internasional dalam menjaga perdamaian dan keamanan laut di seluruh dunia.

Sementara Arif Havas Oegroseno Duta Besar Indonesia untuk Jerman, dalam sambutannya juga menyampaikan terima kasihnya atas kerja sama antara Angkatan Laut Indonesia dan Jerman, yang memungkinkan partisipasi KRI Bima Suci dalam Hanse Sail 2023.

Arif juga menyebutkan pentingnya kemajuan teknologi perkapalan bagi Indonesia sebagai negara maritim, yang juga perlu dibarengi dengan pembinaan generasi muda yang memiliki kecakapan berlaut, antara lain melalui pendidikan di TNI AL.

Di saat yang sama, Letkol Laut (P) M. Sati Lubis Komandan KRI Bima Suci mengatakan bahwa kapal yang memiliki teknologi perkapalan terkini tersebut juga dimanfaatkan untuk mengajarkan cara berlayar tradisional, menggunakan layar, angin, dan arus air, serta navigasi menggunakan benda-benda langit.

Dengan demikian, diharapkan KRI Bima Suci yang memiliki panjang 115m dan tinggi tiang layar 56m tersebut bisa mencetak pelaut yang mampu menghadapi segala situasi.

Dalam festival itu, KRI Bima Suci mendapat kehormatan bersandar di sebelah Gorch Fock kapal latihan Angkatan Laut Jerman, dan melakukan Open Ship pada 10-12 Agustus 2023 untuk pengunjung Hanse Sail 2023.

Dalam acara pembukaan, para Taruna TNI AL yang menjalani pelatihan di KRI Bima Suci memperlihatkan keahlian mereka membawakan penampilan medley tarian Nusantara dan pertunjukan drum band.

Bettina Fust, pengelola Hanse Sail 2023, secara khusus memuji penampilan drum band KRI Bima Suci yang memadukan sajian musik dengan akrobatik selama hampir 30 menit dengan disaksikan ratusan penonton.

“Kami belum pernah melihat penampilan seperti ini di Hanse Sail sebelumnya,” ujar Bettina.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia menyelenggarakan resepsi di geladak kapal KRI Bima Suci dan para awak kapal dan Taruna TNI AL kembali memukau para pengunjung, baik melalui sajian berbagai masakan khas Indonesia, penampilan Bima Suci Band, maupun melalui berbagai lagu dan tarian tradisional. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs