Kamis, 25 April 2024

KSP: Tol Solo-Yogyakarta Siap Difungsikan Pada Arus Mudik Lebaran

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat saat menginspeksi proyek Jalan Tol ruas Solo-Yogyakarta-YIA Kulon Progo di Karanganyar, Jawa Tengah pada Senin (27/2/2023). Foto: PT Jogjasolo Marga Makmur

Helson Siagian Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) mengatakan, Jalan Tol Solo-Yogyakarta siap difungsikan untuk mendukung arus mudik dan balik pada Lebaran 2023.

“Secara fungsional Jalan Tol Solo-Yogya sepanjang enam kilometer siap untuk arus mudik dan balik lebaran,” kata Helson usai memimpin rapat koordinasi perkembangan pembangunan PSN Jalan Tol Solo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Bawen di Yogyakarta, Kamis (16/3/2023).

Sebagaimana dikutip Antara dari siaran pers, Helson mengeklaim pembangunan proyek strategis nasional (PSN) Jalan Tol Solo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Bawen telah berjalan sesuai target.

Untuk jalan Tol Yogyakarta-Bawen, kata Helson, pengerjaan saat ini dilakukan pada seksi satu yakni Yogyakarta-Banyurejo. Pengerjaan, kata dia, akan segera dilanjutkan untuk memulai konstruksi (groundbreaking) pada seksi enam yaitu Ambarawa-Bawen.

“Pembangunan berjalan simultan dari dua sisi sekaligus,” ujarnya.

Helson mengungkapkan bahwa pada rapat koordinasi Kamis ini, PT Jasa Marga Jogja-Bawen melaporkan bahwa pengadaan tanah pada seksi satu (Yogyakarta – Banyurejo) telah mencapai 64 persen. Sedangkan untuk pekerjaan fisik mencapai 29 persen.

Sementara pada seksi enam (Ambarawa-Bawen), kata Helson, kontraktor sedang melakukan persiapan konstruksi yang rencananya akan dimulai setelah Lebaran.

“Kami sangat optimistis pembangunan PSN Jalan Tol Solo-Yogyakarta dan Yogyakarta-Bawen selesai sesuai target,” kata dia.

Helson juga meyakini keberadaan dua ruas jalan tol di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah tersebut akan semakin menggerakkan roda perekonomian dan aktivitas pariwisata di wilayah Yogyakarta-Solo-Semarang atau biasa disebut Joglosemar. Wilayah tersebut juga telah menjadi sentra ekonomi kerakyatan dan daerah tujuan wisata di Indonesia.

Jalan Tol Solo-Yogyakarta-Kulonprogo sepanjang 96,57 km terdiri dari tiga seksi yaitu seksi satu Kartosura-Purwomartani, seksi dua Purwomartani-Gamping, dan seksi tiga Gamping-Purworejo yang juga akan tersambung ke Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Kulonprogo. Ruas ini dikelola oleh PT Jogjasolo Marga Makmur selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Sedangkan Jalan Tol Yogyakarta-Bawen sepanjang 76,3 km terdiri dari enam seksi, yakni seksi satu Yogyakarta-Banyurejo, seksi dua Banyurejo-Borobudur, seksi tiga Borobudur-Magelang, seksi empat Magelang-Temanggung, seksi lima Temanggung-Ambarawa, dan seksi enam Ambarawa-Bawen, dengan pengelolaan di bawah BUJT PT Jasa Marga Jogja Bawen.

Selanjutnya, Jalan Tol Solo-Yogyakarta maupun Yogyakarta-Bawen akan terhubung dengan jaringan Jalan Tol Trans Jawa di Kartasura dan Bawen.(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs