Sabtu, 27 April 2024

Kuota Pendaftaran Online Mudik Gratis Jatim Sudah Penuh

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim waktu menemui peserta program mudik gratis tahun kemarin. Foto: Humas Pemprov Jatim

Masyarakat Jawa Timur (Jatim) antusias mengikuti program mudik gratis yang diadakan Pemerintah Provinsi Jatim. Buktinya, belum sampai sepekan, kuota pendaftatan online sudah terpenuhi.

Hal itu disampaikan Nyono Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jatim bahwa kuota sebesar 60 persen (online) yang disediakan bagi masyarakat sudah sejak penuh beberapa hari yang lalu.

“Mudik gratis menggunakan 90 bus dengan total 3.600 seat. Pendaftaran online sebanyak 60 persen sudah penuh dengan 2.160 seat yang tersedia,” ujar Nyono saat dikonfirmasi, Minggu (2/3/2023).

Sekadar diketahui, pendaftaran mudik gratis secara online bisa diakses lewat laman web mudikgratis.dishub.jatimprov.go.id, per tanggal 27 Maret hingga 10 April 2023.

Selanjutnya, Dishub Jatim bakal membuka pendaftaran mudik gratis secara offline pada tanggal 11 April 2023 dengan total kuota 40 persen.

Total armada yang disediakan Pemprov Jatim untuk mudik gratis tahun ini sebanyak 161 bus. Jumlah itu mengalami kenaikan daripada tahun 2022 yang menyediakan 100 bus.

“Tinggal 1440 seat yang dibuka offline pada tanggal 11 April,” imbuh Nyono.

Tahun 2023 ini, Pemprov Jawa Timur membuka rute perjalanan mudik gratis, dengan rute Surabaya-Ponorogo, Surabaya-Nganjuk, Surabaya-Tulungagung, Surabaya-Blitar, Surabaya-Trenggalek, Surabaya-Bondowoso, Surabaya-Pacitan, Surabaya-Jember, Surabaya-Malang-Blitar, Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Ngawi, Surabaya-Tuban, Surabaya-Sumenep, dan Surabaya-Bojonegoro.

Untuk lokasi pemberangkatan mudik massal dari arah Surabaya bakal digelar pada tanggal 19 April 2023, di depan Kantor Dishub Jatim yang terletak di Jalan Frontage Ahmad Yani.

Selain perjalanan dari Surabaya, Mudik Gratis 2023 juga dibuka dengan tujuan Jakarta-Jatim.

Nyono menuturkan masyarakat Jatim
yang ada di Jakarta juga antusias mengikuti program tersebut.

“Pendaftaran mudik warga Jatim di Jakarta sudah penuh dengan 20 bus, untuk mudik dengan kursi sebesar 900 orang penumpang. Sedangkan untuk arus baliknya disediakan 14 bus,” ujarnya.

Sedangkan untuk pemberangkatan dari Jakarta akan digelar 18 April yang berlokasi di Anjungan Jatim TMII Jakarta. “Untuk yang mudik sepeda motor tanggal 18 April di kantor Dishub,” imbuh Nyono.

Sebelumnya, Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim ingin masyarakat bisa memanfaatkan mudik gratis ini untuk berkumpul dengan keluarga di tengah pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

“Tahun ini diprediksi akan menjadi Hari Lebaran Idulfitri yang begitu hangat dan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman di tengah pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19,” ucap Khofifah.(wld/dfn/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
27o
Kurs