Jumat, 3 Mei 2024

Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono Resmi Emban Tugas sebagai Komandan Lantamal V

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
(Dari kiri ke kanan) Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono Danlantamal V, Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah Pangkoarmada II, dan Laksamana Pertama TNI Supardi Wadan Kodiklatal waktu doorstop usai Sertijab, Jumat (19/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Prosesi serah terima jabatan (Sertijab) Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono menggantikan Laksamana Pertama TNI Supardi sebagai Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V Surabaya diiringi dengan cuaca yang cerah di halaman Makolantamal V.

Prosesi Sertijab itu dipimpin langsung oleh Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah Pangkoarmada II. Upacara yang berlangsung sekitar satu jam tersebut berlangsung cukup khidmat.

“Kepada Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono saya ucapkan selamat atas jabatan barunya. Penempatan dalam jabatan adalah kepercayaan dan kehormatan. Tidak ada ungkapan yang lebih tepat kecuali berbuat lebih baik untuk organisasi dengan penuh pengabdian dan rasa tanggung jawab,” kata Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah, Jumat (19/5/2023).

Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono waktu disumpah jabatan sebagai Danlantamal V, Jumat (19/5/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Menurut Pangkoarmada II itu, pergantian jabatan merupakan proses alamiah yang penuh dinamika untuk mendukung berbagai tugas Lantamal V.

Berbagai tugas yang harus dijalankan oleh Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono setelah menjabat Danlantamal V antara lain melaksanakan pembinaan kekuatan guna menyelenggarakan dukungan logistik, administrasi dan pengamanan bagi unsur Koarmada II dan unsur Kotama TNI/TNI AL Lainnya.

“Serta menyelenggarakan patroli keamanan laut di wilayah kerja Lantamal V dan melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan laut,” imbuh Laksamana Muda TNI Maman Firmansyah.

Sementara itu, Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono mengaku sudah siap untuk menjalankan tugas di wilayah kerja Lantamal V, terutama dalam mendukung pengamanan bagi unsur Koarmada II.

“Saya akan mendukung penuh tugas pokok Koarmada II. Karena memang tupoksi Lantamal V mendukung Koarmada II supaya bisa menjalankan tugas dengan baik dan sempurna. Selanjutnya menjalankan tugas pembinaan maritim dan menjaga soliditas organisasi,” tegas Laksamana Pertama TNI Eko Wahjono.

Kemudian, dengan berakhirnya tugas dari Laksamana Pertama TNI Supardi. Dia bakal mengemban jabatan baru sebagai Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Wadan Kodiklatal). Sekaligus kenaikan pangkat menjadi pati bintang dua.(wld/abd/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
29o
Kurs