Sabtu, 18 Mei 2024

Laman PPDB Jatim 2023 Sempat Sulit Diakses, Panitia Tambah Kapasitas Server

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Tangkapan Layar Laman PPDB Jatim 2023. Foto: ppdb.net

Banyaknya pengakses membuat laman PPDB Jatim 2023 sempat sulit diakses pada Jumat pagi (23/6/2023). Akibatnya, calon siswa SMA/SMK sempat tidak bisa melakukan pendaftaran.

Alvian Kepala Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA/SMK Jawa Timur 2023 mengatakan, sistem PPDB Jatim 2023 baik-baik saja, hanya server-nya yang penuh.

“Kita konfirmasikan bahwa saat ini sistem kami baik-baik saja, tidak sedang down,” kata Alvian kepada Radio Suara Surabaya, Jumat (23/6/2023).

Alvian menyambung bahwa alasan laman PPDB Jatim 2023 “down” karena banyaknya pengakses yang terdiri dari calon siswa dan orang tuanya juga. Calon pendaftar SMA/SMK itu sendiri tidak dibatasi hanya di Jawa Timur, melainkan dari seluruh Indonesia. Jumlah antrean juga bertambah karena menurut pengamatan Alvian, siswa cenderung melakukan refresh page sehingga jumlah antrean bertambah.

“Pendaftar dari luar Jawa Timur di tahap satu ini kan banyak, seperti jalur pindah tugas itu kan juga banyak,” jelas Alvian.

Dalam mengatasi ini, Alvian bersama tim Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bekerjasama untuk meningkatkan kapasitas server PPDB Jatim 2023 menjadi empat kali lipat dari angka awal.

“Pengguna sudah kami asumsikan dua kali lipat dari awal. Kami asumsikan 2 kali lipat dari total 575.108 siswa kami asumsikan 600 ribu, kemudian kami kalikan 2 jadi 1,2 juta. Ternyata hari ini 1,2 juta pengguna masih terdapat antrean. Oleh karena itu kami tingkatkan empat kali lipat. Jadi 2,5 juta kuota akses,” ujarnya.

Untuk teknis pengecekan sendiri, sambung Alvian, laman PPDB harus memverifikasi nomor PIN, NISN, dan tanggal lahir sesuai KK pendaftar. Verifikasi tiga data tersebut membutuhkan waktu 2-3 detik. Setelah itu laman baru bisa menampilkan informasi terkait penerimaan siswa itu.

“Kami sarankan juga akses internet dari posisi masyarakat dari wifi, sinyal data, dan hp-nya mohon dipastikan, karena itu juga menambah lama (loading, red) munculnya di handphone atau gadget masyarakat,” ungkapnya.

Selain melewati laman PPDB Jatim 2023, Alvian memberikan alternatif  apabila laman masih sulit diakses, yaitu orang tua dan siswa bisa mengecek di pengumuman sekolah. (bnt/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Sabtu, 18 Mei 2024
27o
Kurs