Jumat, 26 April 2024

Launching Ramadan Genzi di Masjid Al Akbar Surabaya Disambut Meriah

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Antusiasme masyarakat dalam menyambut Program Ramadhan Generasi Z Islam (Genzi) di Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (21/3/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Launching Program Ramadan Generasi Z Islam (Genzi) di Masjid Al Akbar Surabaya disambut meriah dengan hadirnya ribuan masyarakat yang memadati halaman masjid.

Acara tersebut dibuka dengan rentetan penampilan yang memukau, seperti penampilan opera Ramadan dan Tari Saman oleh 50 murid MI Masjid Al Akbar.

Tak hanya itu, puluhan bendera besar dengan gambar Hadratussyaikh KH Hasyim Asyari pendiri Nahdlatul Ulama (NU) dan sejumlah tokoh lainnya berkibar di halaman masjid. Bendera-bendera itu dikibarkan waktu pembacaan salawat di akhir acara.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur dalam kesempatan itu mengatakan, meski kerap ada perbedaan dimulainya puasa, dia berharap masyarakat bisa saling menjaga kerukunan.

“Untuk seluruh warga Jawa Timur tetap guyub rukun dalam menyambut bulan Ramadan,” ucap Khofifah dalam sambutannya, Selasa (21/3/2023).

Di akhir sambutannya, Gubernur Jatim itu mengucapkan selamat menyambut bulan suci Ramadan bagi para warga yang hadir dan turut mengajak mereka untuk berdoa bersama agar mendapat rezeki dan kesehatan yang melimpah.

Kemudian, Khofifah secara resmi membuka acara tersebut melalui bedug digital. Yang dilanjutkan dengan lantunan salawat bersama Majelis Syubbanul Muslimin Probolinggo di bawah asuhan KH. Hafidzul Hakiem (Gus Hafidz) dari Ponpes Nurul Qodim Kalikajar.

Untuk diketahui, program Ramadan Genzi ini merupakan rangkaian perlombaan yang fokus menyasar Generasi Z. Alasan perlombaan ini digelar karena dalam beberapa tahun terakhir jemaah masjid didominasi para remaja.

Kegiatan Perlombaan pada Festival Ramadhan Genzi meliputi Lomba Vlog, Fotografi, Hadrah Al Banjari, Bercerita Islami, Patrol, mewarnai diikuti oleh anak dan ortu, lato-lato bershalawat, baca puisi dan Lomba Musabaqoh Hifdzil Quran.

Sedangkan serangkaian kegiatan yang digelar selama Ramadhan yaitu Ngaji Ngabuburit, Qiyamul Lail, Bakti Sosial, Donor Darah, Dapur Umum, Fiqih Kewanitaan, Tabligh Akbar, Kelas Public Speaking, Kajian Entrepreneur, Pondok Ramadhan Muslimah, Malam Gema Takbir sampai dengan shalat Idul Fitri 1444H.(wld/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs