Minggu, 5 Mei 2024

Lego Umumkan Braille Bricks Untuk Penyandang Tunanetra

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Lego Braille Bricks, set Lego khusus penyandang tunanetra. Foto: Techcrunch

Lego mengumumkan Braille Bricks, mainan pembelajaran untuk anak-anak dengan gangguan penglihatan, sekarang tersedia secara luas.

Melansir Techcrunch, Jumat (25/8/2023), produk ini sebelumnya diperkenalkan pada tahun 2019, tetapi hanya sebagai kit yang didistribusikan secara gratis kepada penerima tertentu, seperti orang-orang dan organisasi yang mengkhususkan diri dalam mengajar anak-anak dengan gangguan penglihatan. Setelah beberapa tahun menerima umpan balik, Lego memutuskan untuk membuat set ini tersedia secara luas.

Set ini terdiri dari 287 keping batu bata khusus, yang sebagian besar berukuran dua kali empat standar, yang memberikan ruang untuk setiap huruf alfabet Braille dua kali tiga titik dan label yang dapat dilihat.

Selain itu, ada juga lembar referensi dengan huruf dan batu bata secara berurutan, dan satu set proyek awal untuk memulai sesuatu.

“Bagi komunitas tunanetra, braille bukan hanya sekadar melek huruf, tetapi juga merupakan jalan masuk menuju kemerdekaan dan inklusi di dunia ini, dan membuat LEGO Braille Bricks tersedia bagi masyarakat luas merupakan langkah besar untuk memastikan lebih banyak anak yang ingin belajar braille,” ujar Martine Abel-Williamson presiden Persatuan Tunanetra Sedunia, dalam pengumuman Lego mengenai ketersediaan set tersebut.

Ini bukan pertama kalinya sebuah perusahaan ternama mengambil langkah untuk meraih konsumen penyandang tunanetra.

Uno, permainan kartu populer keluaran Mattel, pada tahun 2019 mengumumkan produk Uno Edisi Braille.

Kartu ini dirancang dalam kemitraan dengan Federasi Nasional Tunanetra. Setiap kartu memiliki huruf Braille di sudutnya yang mengidentifikasi warna kartu dan nomor atau tindakan yang tersedia. (bnt/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
32o
Kurs