Selasa, 23 April 2024

LPPD Kabupaten Sidoarjo Raih Peringkat 5 Besar Nasional

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat menerima penghargaan peringkat terbaik kelima nasional dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kategori Kabupaten, pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII di Makassar, Sabtu (29/4/2023). Foto: Pemkab Sidoarjo

Kabupaten Sidoarjo berhasil meraih Penghargaan Prestasi Kinerja dengan Status Sangat Tinggi peringkat terbaik kelima nasional dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) kategori Kabupaten.

Penghargaan itu merupakan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) terhadap LPPD dengan melibatkan beberapa Kementerian/LPNK untuk memotret kinerja penyelenggaraan Pemda terutama dari aspek Manajemen Pemerintahan.

“Ini merupakan upaya menilai keberhasilan daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah, sekaligus sebagai bentuk bahan kebijakan dalam meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan daerah,” jelas Ahmad Muhdlor Ali Bupati Sidoarjo saat menerima penghargaan tersebut, pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (OTDA) XXVII di Makassar, Sabtu (29/4/2023).

Untuk itu semua aparatur sipil negara di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan reformasi birokrasi. Dengan demikian, pemerintah daerah harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat.

Muhdlor menegaskan, otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, di mana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas serta inovasinya.

Kemudian mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan serta partisipasi aktif masyarakat. Di samping itu diharapkan daerah mampu meningkatkan adaya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
28o
Kurs