Senin, 29 April 2024

Luncurkan Kapal Baru, Tim Barunastra ITS Optimistis Pertahankan Juara IRC di AS

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Demo Kapal Nala Proteus Tim Barunastra ITS di Kampus ITS Surabaya, pada Selasa (14/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Tim Barunastra Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya akan kembali berkompetisi di kancah internasional, yakni di International Roboboat Competition (IRC) 2023 yang akan digelar di Florida, Amerika Serikat, pada 21-28 Maret mendatang.

Dalam lomba kapal tanpa awak itu, Tim Barunastra ITS menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang akan merebutkan gelar juara dengan kampus-kampus dari negara lain.

Jelang kompetisi tersebut, Tim Barunastra hari ini juga telah meluncurkan kapal barunya dengan nama Nala Proteus, yang telah dirancang sejak bulan Desember tahun lalu.

Mochammad Ashari Rektor ITS menyatakan, pihaknya mendukung penuh Tim Barunastra untuk berkompetisi di kancah dunia dan yakin dapat pulang dengan membawa gelar juara.

Apalagi, menurutnya dalam lomba kapal tanpa awak itu sebelumnya Tim Barunastra ITS juga berhasil menyabet gelar juara.

“Di sini ITS mewakili Indonesia bisa meraih juara dunia empat kali dan InsyaAllah ini nanti yang kelima. Tadi semangatnya anak-anak luar biasa, insyaAllah juara satu yang ke lima kalinya,” ucapnya seusai grand launching dan pelepasan Tim Barunastra di halaman rektorat ITS, pada Selasa (14/3/2023).

Mochamad Ashari Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) saat memberi sambutan dalam peluncuran kapal dan pelepasan tim Barunastra ITS untuk kompetisi International Roboboat Competition di Amerika Serikat, Selasa (14/4/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ia mengatakan, meskipun tantangan lomba tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya, ia tetap optimistis kinerja mahasiswanya dapat menorehkan hasil maksimal.

“Tantangan teknologinya berbeda, untuk misinya berbeda, ada tambahan, tantangan yang lebih berat untuk perguruan tinggi dananya, kita mencari dari berbagai sumber, dari berbagai donatur dan Alhamdulillah bisa kita selesaikan. Ini menggunakan teknologi yang bukan teknologi mudah. Karena ini semuanya otomatis, tidak ada campur tangan remote, semuanya berpikir sendiri,” jelasnya.

Sementara itu, Fariz Rayyan Januar Ketua Tim Barunastra ITS menyatakan, saat ini banyak kelebihan dari hasil karya timnya, karena telah melakukan evaluasi dari kapal tanpa awak di tahun sebelumnya.

“Yang pertama dari segi propulsi, kita menggunakan propulsi yang memiliki power dan torsi yang besar, karena kebetulan kapal kita bentuknya lebih besar dari yang tahun lalu. Dan tentunya kita evaluasi dari banyak sistem, contohnya kemarin ada kendala masalah servo, nah ini sudah kita solve dengan bentuknya yang Y seperti itu, itu membuat dia untuk relate lebih mudah dan lebih baik untuk komponen agar tidak lebih gampang rusak,” jelasnya.

Uji coba Kapal Nala Proteus Tim Barunastra ITS di Kampus ITS Surabaya, pada Selasa (14/3/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Oleh karena itu, ia menyatakan bahwa timnya telah siap untuk berlaga di ajang Roboboat internasional tahun ini. Apalagi, timnya juga telah beberapa kali melakukan uji coba untuk mengoptimalkan kinerja kapal.

“Dengan inovasi terbaru Tim Barunastra, kami yakin bisa kembali menjadi juara dan mengharumkan nama ITS serta bangsa Indonesia,” pungkasnya.(ris/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kurs
Exit mobile version