Rabu, 29 Mei 2024

Mahmoud Abbas Desak Joe Biden Hentikan Genosida Israel di Gaza

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI merangkul Mahmoud Abbas Presiden Palestina seraya menyampaikan keprihatinan yang mendalam atas peristiwa yang terjadi di Palestina saat KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Riyadh, Arab Saudi, Sabtu (11/11/2023). Foto: Antara/ Biro Pers Sekretariat Presiden

Mahmoud Abbas Presiden Palestina mendesak Joe Biden Presiden Amerika Serikat (AS), agar segera melakukan intervensi untuk menghentikan genosida yang sedang dilakukan Israel terhadap warga Palestina.

Dilansir Antara dari kantor berita WAFA milik Palestina, Abbas juga mendesak Biden agar membantu mempermudah masuknya bantuan kemanusiaan yang sangat dibutuhkan ke Jalur Gaza yang terkepung.

“Biden Presiden, saya menyerukan kepada Anda, dengan seluruh kualitas resmi dan kemanusiaan Anda, agar menghentikan bencana kemanusiaan ini, genosida ini terhadap rakyat kami yang tidak bersalah. Sejarah tidak akan memaafkan siapa pun yang melakukan kejahatan ini,” kata dia dalam pidato yang juga disiarkan di televisi.

Abbas menegaskan rakyat Palestina berhak hidup di tanah airnya dengan bebas dan bermartabat.

Menurut WAFA, Israel telah membunuh sekitar 12.300 warga Palestina dalam serangan di Jalur Gaza sejak Hamas menyerang Israel pada 7 Oktober. Sementara itu, angka kematian resmi di Israel mencapai sekitar 1.200 orang.

Ribuan bangunan, termasuk rumah sakit, mesjid dan gereja di Jalur Gaza, rusak atau hancur. Blokade Israel juga telah memutus pasokan bahan bakar, listrik dan air ke Gaza serta mengurangi pasokan bantuan.

Israel sejauh ini juga menolak seruan gencatan senjata sampai sandera yang ditahan oleh Hamas dibebaskan. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Evakuasi Kecelakaan Bus di Trowulan Mojokerto

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Surabaya
Rabu, 29 Mei 2024
28o
Kurs