Sabtu, 27 April 2024

Ma’ruf Amin Kecam Tindakan Tentara Israel yang Menguasai RS Indonesia di Gaza

Laporan oleh Risky Pratama
Bagikan
Ma'ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) ketika berkunjung ke Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Sabtu (23/12/2023). Foto: Risky suarasurabaya.net

Ma’ruf Amin Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI) menyatakan penguasaan Rumah Sakit Indonesia di Gaza oleh militer Israel merupakan hal yang tidak etik.

“Saya kira itu tidak punya etik ya, rumah sakit kok dirampas,” ucapnya saat berada di Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada Sabtu (23/12/2023).

Harusnya, kata Ma’ruf Amin, rumah sakit dibiarkan untuk fokus melayani korban yang sedang membutuhkan pertolongan akibat perang.

“Jangan jadi markas tentara, saya kira itu sudah melanggar aturan,” katanya.

Dengan adanya kejadian tersebut, ia juga menegaskan bahwa pemerintah tidak menyukai tindakan tersebut, dan bersikap protes atas perbuatan itu.

“Karena itu kan untuk fasilitas pelayanan kepada masyarakat, saya kira itu,” tandasnya.

Seperti diketahui, kondisi tersebut terungkap setelah dikabarkan secara langsung oleh Sarbini Abdul Murad Kepala Presidium organisasi relawan kemanusiaan Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia saat berada di Jakarta.

Sebelumnya, RS Indonesia di Gaza juga dituduh menjadi tempat persembunyian dan sarang Hamas. Namun, direktur RS Indonesia sudah membantah tuduhan tersebut.(ris/saf/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs