Minggu, 28 April 2024

Masjid Al-Akbar Siap Tampung 40 Ribu Jemaah untuk Salat Iduladha

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Suasana swaktu salat Id di area luar Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (22/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya melakukan sejumlah persiapan menjelang pelaksanaan Salat Iduladha pada Kamis (29/6/2023).

Semua antisipasi dan persiapan sudah dilakukan pada satu hari menjelang pelaksanaan. Termasuk saf untuk jemaah, jika membludak, ada beberapa area darurat yang disiapkan untuk salat.

“Kami sudah menyiapkan segala sesuatunya. Artinya baik penyiapan salat di dalam masjid sudah kami siapkan, antisipasi kalau jemaah tidak cukup, kita siapkan saf di lantai 2 sampai halaman luar. Tadi malam sudah kita bikin saf darurat,” kata Helmi M. Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya pada Rabu (28/6/2023).

Helmi memperkirakan, seluruh saf bisa menampung hingga 40 ribu lebih jemaah besok. Mereka juga menyiagakan tim medis, ambulans, dan tempat wudu darurat untuk mengantisipasi desakan puluhan ribu jemaah.

“Estimasi kita bisa menampung jemaah lebih dari 40 ribu. Sudah disiapkan semuanya, tim kesehatan, medis, ambulans, wudu darurat sudah disiapkan semua,” tambahnya.

Ia minta para jemaah mengantisipasi dengan membawa kantong plastik untuk alas kakinya masing-masing.

“Silakan dibawa ke dalam masjid. Tujuannya jumlahnya banyak dan keluar salat bareng-bareng. Lebih baik ditaruh di kresek dibawa ke masjid, kalau pulang tanpa bingung mencari sandal sepatunya,” tandasnya. (lta/dvn/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs