Kamis, 2 Mei 2024

Tiba di Surabaya, Sapi Kurban Milik Jokowi Disambut Red Carpet

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Sapi milik Joko Widodo Presiden RI tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya diajak catwalk di karpet merah, Rabu (28/6/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

Sapi kurban milik Joko Widodo Presiden RI seberat 1,15 ton dengan harga Rp115 juta tiba di Masjid Al-Akbar Surabaya pada Rabu (28/6/2023) pagi, disambut dengan karpet merah.

Pantauan suarasurabaya.net, sapi berukuran paling besar dibanding lainnya yang sudah tiba itu disambut layaknya tamu terhormat.

Tak hanya gerombolan anak-anak yang terus bersorak sambil mengabadikan lewat ponsel pribadinya, sapi juga digiring layaknya catwalk dari atas truk menuju tempat istirahat melalui karpet merah sepanjang lebih dari 10 meter.

Sapi Limousin berusia kurang lebih empat tahun itu selama ini dirawat Bahrowi Yahya, peternak asal Lumajang, pemiliknya.

“Sapi Limousin, perawatan 3 tahun 3 bulan. Usianya 3 tahun 8 bulan. Beratnya 1 ton 150 kilogram,” ujarnya sebelum menurunkan sapi, Rabu (28/6/2023).

Sapi jumbo itu, tutur Bahrowi Yahya, memang menghabiskan pakan dua kali lipat lebih banyak dibanding pada umumnya. “Kalau perawatannya enak, sapinya jinak. Kalau makannya porsinya memang agak lebih banyak dari sapi umumnya dua kali lipat dari sapi umum,” tambahnya.

Sapi yang ia beri nama Gasbi itu dibeli Joko Widodo Presiden RI seharga Rp115 juta melalui proses seleksi.

“Sudah (dipesan Jokowi sejak) lama. Seleksi dahulu, deal-nya sekitar dua mingguan yang lalu. Seleksi dari tingkat kabupaten dulu, kemudian tingkat provinsi nanti diseleksi tingkat kabupaten kemudian lolos,” tandasnya.

Usai tiba, sapi langsung diperiksa sejumlah tim kesehatan hewan di lokasi. Indyah Ariyani Kepala Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur (Jatim) memastikan sapi sehat dan sudah memenuhi syarat.

“Suhu normal. Sudah divaksin PMK (penyakit mulut dan kuku) dan LSD (lumpy skin disease. Bisa dicek barcode di telinganya. Ada juga nama pemilik, alamatnya,” ujarnya.

Sementara Helmi M Noor Humas Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya menyebut, pemasangan karpet merah itu sebagai bentuk penghormatan karena Jokowi rutin berkurban di sana.

“Ini sapi kesembilan Jokowi. Jadi sapi-sapi yang masuk Masjid Al-Akbar kita kasih karpet merah menyambut sapi datang dengan riang gembira agar tidak stres nanti berpengaruh pada kualitas daging,” terangnya.

Total ada 16 sapi dan 36 kambing yang sudah tiba namun jumlah ini terus bertambah.

“Total semua sapi akan dipotong H+1, Jumat. Dibagi daging langsung datang ke lokasi yang sudah didata kelurahan. Penyembelihan dari Unair dan tim dinas peternakan,” bebernya lagi.

Seluruh hewan kurban yang disembelih, lanjutnya diestimasi akan dibagi untuk dua ribuan penerima dengan masing-masing memperoleh 1,5 kilogram tiap orang.

“Tahun kemarin 26 sapi, 63 kambing dibagi untuk 2.600 orang. Tahun ini hampir sama,” tandasnya. (lta/dvn/saf/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
26o
Kurs