Minggu, 5 Mei 2024

Masyarakat Diajak Tanam Pohon untuk Mitigasi Udara Kotor

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI. Foto: Antara

Siti Nurbaya Bakar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) menyerukan gerakan menanam pohon kepada seluruh elemen masyarakat sebagai mitigasi polusi secara alami.

“Kita bersama-sama seluruh elemen masyarakat termasuk dunia usaha, pemerintah, kita bicara cinta lingkungan. Tanam pohon supaya bisa memberikan kesejukan,” kata Siti Nurbaya Bakar dalam keterangannya di Jakarta, Senin (28/8/2023).

Ia mengatakan, pohon akan mengeluarkan oksigen (O2) pada siang hari yang baik baik kesehatan, sekaligus menyerap karbon dioksida yang menyebabkan polusi, dilansir Antara.

Upaya mitigasi udara kotor secara alami dapat dilakukan dengan menanam pohon oleh seluruh pemangku kepentingan terkait, termasuk perkantoran, masyarakat, dunia usaha, hingga di area gedung-gedung besar.

“Bisa di teras gedung yang besar. Kita perlu tanam sebanyak-banyaknya, kalau perlu jarak tanamnya diatur jangan seperti biasa 3×1 meter, tetapi cukup 1×1 meter dan lainnya,” ungkapnya.

Siti mengatakan, Joko Widodo Presiden juga meminta dilakukan gerakan serentak menanam pohon melalui pelibatan seluruh komponen masyarakat.

“Pak Presiden meminta untuk digerakkan bersama-sama dan saya mohon dukungan,” katanya. (ant/fra/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs