Senin, 29 April 2024

Masyarakat Diminta Tidak Terhasut Hoaks Kerkait Bentrok di Bitung

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika memberi sambutan dalam acara "Topping Off Data Center Bersama Digital Data Center (BDDC) di Jatinegara, Jakarta Timur, Selasa (21/11/2023). Foto: Antara Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengimbau masyarakat tidak termakan hoaks terkait insiden di Bitung. Foto: Antara

Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) meminta masyarakat tidak terhasut hoaks terkait bentrokan antar-dua kelompok massa yang terjadi di Bitung, Sulawesi Utara.

“Kami mengimbau kepada seluruh warga bangsa agar menggunakan semua platform digital dengan bijak. Bersama mari wujudkan Indonesia yang damai dan bermartabat,” ujar Budi dilansir Antara pada Minggu (26/11/2023).

Ia mengajak masyarakat untuk bisa bijak mencari informasi dari sumber yang tepat dan merekomendasikan untuk bisa merujuk pada informasi yang diberikan oleh otoritas pemerintahan setempat.

Budi menyarankan masyarakat dapat meminta informasi dengan menghubungi perwakilan pimpinan daerah terdekat sehingga tidak terhasut oleh informasi yang simpang siur dan belum terverifikasi kebenarannya.

“Jika ingin informasi yang tepat, bisa menghubungi otoritas pemerintahan daerah di sana, serta seluruh Musyawarah Pimpinan Daerah-nya,” kata Budi.

Sebelumnya, pada Sabtu (25/11/2023) kemarin, sempat terjadi penyampaian aksi oleh sekelompok massa dan hampir menciptakan bentrokan dengan salah satu organisasi kemasyarakatan (ormas) di Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut).

Untungnya bentrokan itu berhasil dicegah oleh para petugas keamanan di lokasi. Lalu sejak 19.50 WITA, suasana di pusat Kota Bitung sudah kembali kondusif dan aman.

Maurits Mantiri Wali Kota Bitung mengajak warganya agar dapat tetap menjaga situasi dan kondisi aman tersebut terkendali.

“Untuk itu marilah kita bersama-sama mendukung upaya pemerintah di lapangan dengan tidak menyebarkan foto dan video yang dapat memprovokasi berbagai pihak,” katanya. (ant/saf/ham/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs