Selasa, 30 April 2024

Mendag: Harga Bapok di Pasar Wonokromo Stabil Jelang Lebaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan meninjau stan penjual sembako di Pasar Wonokromo Surabaya, Jumat (7/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Zulkifli Hasan Menteri Pardagangan (Mendag) RI kembali mengunjungi Kota Surabaya untuk kesekian kalinya. Di Pasar Wonokromo, Zulhas sapaan akrabnya meninjau sejumlah harga kebutuhan bahan pokok (bapok) menjelang Hari Raya Idulfitri.

Mendag mengatakan, untuk pertama kalinya harga sejumlah bahan pokok di Pasar Wonokromo justru mengalami penurunan menjelang lebaran.

“Harga-harga mau lebaran tapi turun tadi lihat sendiri kan, daging Rp120 ribu, telur Rp27 ribu, bawang merah dan putih Rp30 ribu, MinyaKita Rp14 ribu ada banyak, ayam yang terlalu murah Rp32 ribu, cabe rawit Rp25 ribu,” kata Zulhas usai berkeliling Pasar Wonokromo, Jumat (7/4/2023).

Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan waktu mengunjungi stan penjual daging di Pasar Wonokromo Surabaya, Jumat (7/4/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menuturkan, harga bahan pokok di Pasar Wonokromo menjadi yang termurah selama dia berkunjung ke Surabaya.

Zulhas juga mengklaim kalau harga bahan pokok secara nasional rata-rata mengalami penurunan dan tidak ada kenaikan secara signifikan.

“Artinya harganya terjaga dan terkendali, saya kira demikian, beras juga mulai turun,” ucapnya.

Sementara itu, Kamto pedagang bahan pokok di Pasar Wonokromo mengatakan kalau harga beras premium non subsidi banyak mengalami kenaikan per Senin (4/4/2023) kemarin. Harga kulakannya Rp69 ribu per lima kilogram.

“Sedangkan harga beras Bulog nggak naik, harganya masih Rp62 ribu. Stoknya masih banyak,” katanya.

Sedangkan Imrotul Khalifa pedagang ayam mengaku pada awal bulan puasa kemarin, dagangannya mengalami penurunan pembeli. Harga jual ayam menjelang puasa pun sempat naik senilai Rp35 ribu per kilo.

Namun, memasuki bulan puasa, lanjut dia, harganya sudah mulai stabil dan turun di angka Rp32 ribu per kilonya. Meski demikian, perempuan yang akrab disapa Umi itu mewanti-wanti kalau harga ayam menjelang lebaran bakal kembali naik.

“Biasanya ayam naik banyak mendekati lebaran, sampai seminggu. Tapi setelah itu turun lagi,” kata Umi.

Turunnya harga bahan pokok di Pasar Wonokromo juga disampaikan Nasipah. Dia mencontohkan misalnya bawang putih sinco yang turun Rp30 ribu dari Rp31 ribu, lalu bawang putih katang turun Rp32 ribu dari Rp36 ribu, bawang merah Probolinggo Rp35 ribu dari Rp42 ribu, dan bawang merah kecul turun Rp30 ribu dari Rp35 ribu.

“Cabai merah juga turun Rp26 ribu dari Rp55 ribu sebelumnya, kalau cabai merah besar turun Rp28 ribu dari Rp40 ribu. Yang naik tomat sekarang Rp16 ribu sebelumya hanya Rp8 ribu,” papar Nasipah.(wld/bil/rid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 30 April 2024
28o
Kurs