Jumat, 29 Maret 2024

Menhub Imbau Pemudik Lebaran Tidak Gunakan Motor

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Pemudik yang mengendarai sepeda motor melintas di jalan Kalimalang, Jakarta Timur. Foto: Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Budi Karya Sumardi Menteri Perhubungan mengimbau pemudik Lebaran tahun 2023 atau 1444 Hijriah agar tidak menggunakan kenderaan sepeda motor untuk mengantisipasi kecelakaan lalu lintas.

“Mudik menggunakan sepeda motor, berbanding lurus dengan tingginya kecelakaan,” kata Budi Karya Sumardi saat persiapan angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Merak, Sabtu (11/3/2023), seperti dilaporkan Antara.

Pemerintah memberikan solusi agar pemudik dapat memanfaatkan menggunakan kereta gratis, kapal gratis dan bus gratis.

Pemudik tidak perlu lagi menggunakan kendaraan sepeda motor guna menghindari kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan Riset Kementerian Perhubungan Angkutan Lebaran tahun 2023 terjadi kenaikan cukup signifikan dari 85 juta menjadi 123 juta pemudik.

Dari 123 juta itu didominasi angkutan darat dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua.

Namun, permasalahan angkutan Lebaran yang selalu terjadi antrian kendaraan di Pelabuhan Merak dan Tol Jakarta-Semarang.

Oleh karena itu, Kemenhub berkolaborasi dengan Dirlantas Kepolisian, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), ASDP, PUPR dan stokholder lainnya.

“Kami akan bekerja keras dengan semua pihak untuk memberikan pelayanan mudik yang terbaik untuk masyarakat sesuai harapan Bapak Presiden Joko Widodo,” katanya menjelaskan.

Ia mengatakan, Kemenhub 50 hari persiapan angkutan Lebaran 2023 itu sudah dilakukan di antaranya hari ini menggelar rapat koordinasi penanganan mudik lebaran di Pelabuhan Merak.

Dalam rapat koordinasi itu dihadiri dari PUPR, BPJT, Korlantas, Pj Gubernur Banten, Pelindo, Pelni dan ASDP dan stokholder lainnya membahas bagaimana rasio pemudik dengan kondisi pelayanan Pelabuhan Merak.

Di mana Pelabuhan Merak akan dioptimalkan seluruh dermaga, termasuk juga penambahan kapal dan pelabuhan.

Namun, jika terjadi lonjakan pemudik maka bisa dioperasikan Pelabuhan Ciwandan dan Indah Kiat yang dikelola oleh Pelindo.

Selain itu juga Menhub meminta penumpang sehari keberangkatan penyeberangan agar membeli tiket melalui online.

Pembelian tiket sebelum keberangkatan itu untuk memastikan kelancaran arus lalu lintas di Pelabuhan Merak.

Begitu juga ASDP agar menambah penjualan tiket melalui aplikasi online maupun di tempat-tempat rest area KM 93 pada hari H guna menghindari kemacetan dan kepadatan pemudik.

Persiapan angkutan Lebaran 2023 itu, kata dia, terus dilakukan pemantauan setiap pekan, termasuk evaluasi agar nantinya angkutan lebaran berjalan lancar, aman nyaman dan berkesan.

“Kami menjamin angkutan Lebaran 2023 lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” katanya.

Sementara itu, Brigjen Ery Nursatari Direktur Keamanan dan Keselamatan (Dirkamsel) Korlantas Polri mengatakan para pemudik agar mengutamakan keselamatan jika mudik lebaran ke kampung halaman.

Di mana angkutan lebaran 2023 jumlah pemudik mencapai 123 juta, sehingga persoalan itu harus mampu mengantisipasi kecelakaan dan kemacetan kendaraan.

“Kami setuju pemudik lebih baik tidak menggunakan sepeda motor agar tidak mengalami kecelakaan,” katanya.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs