Senin, 29 April 2024

Menkes Tegaskan Cacar Monyet Tak akan Menular Sepesat Covid-19

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Ilustrasi vaksin Monkeypox. Foto: The Denver Post

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan (Menkes) RI menyatakan kasus cacar monyet atau Monkeypox di Indonesia tidak akan menular sepesat Covid-19.

“Tapi kalau saya bilang ke masyarakat supaya lebih tenang, bedanya sama COVID-19 kan ini penularannya lewat seksual, jadi nggak ada sepesat seperti COVID-19 (lewat pernapasan),” kata Menkes dilansir Antara, Sabtu(11/11/2023).

Ia mengatakan Mpox hanya menyebar pada kelompok masyarakat tertentu saja. Hingga Jumat (10/11/2023) kasus Mpox di Indonesia bertambah menjadi 42 kasus yang tersebar di Provinsi DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat.

Data Kemenkes melaporkan kasus konfirmasi Mpox umumnya dialami kelompok masyarakat berorientasi seksual sesama jenis dari kaum laki-laki dengan kondisi penyerta HIV dan sifilis.

Budi mengatakan strategi yang ditempuh pemerintah untuk merespons hal itu, salah satunya dengan menggencarkan promosi kesehatan dengan berperilaku hidup sehat, dan menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu Kemenkes juga menggencarkan vaksinasi Mpox yang kini tersedia sekitar 5.000 dosis melalui kerja sama dengan organisasi sosial yang terlibat dengan kelompok sasaran.

“Ketiga, obatnya sudah ada di rumah sakit. Jadi kalau sakit bisa diberikan obatnya dan alhamdulillah sekarang nggak ada yang fatal,” katanya.(ant/and/saf)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
28o
Kurs