Minggu, 28 April 2024

Menkominfo Mengajak IJTI Terapkan Jurnalisme Bijak

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Budi Arie Setiadi Menkominfo saat menghadiri Peringatan Ulang Tahun Ke-25 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Rabu (9/8/2023). Foto: Kemenkominfo

Budi Arie Setiadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) mengajak jurnalis televisi di Indonesia untuk bersinergi memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia. Sekaligus menerapkan jurnalisme konstruktif dan jurnalisme yang bijak.

“Teman-teman jurnalis bertanggung jawab untuk memperhitungkan dampak positif dan sekaligus membangun humanisme dari informasi yang membebaskan” ungkapnya dalam Peringatan Ulang Tahun Ke-25 Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI), Rabu (9/8/2023).

Budi Arie menegaskan bahwa menjadi tanggung jawab seluruh jurnalis untuk mewujudkan jurnalisme yang berkualitas di Indonesia.

Namun demikian, pelaksanaan tanggung jawab atas jurnalisme yang berkualitas penuh dengan berbagai tantangan, terutama perkembangan teknologi digital yang makin cepat.

“Konsep jurnalisme untuk berkembang menjadi konsep jurnalisme konstruktif atau constructive journalism. Menekankan pada penyajian berita yang tidak hanya memaparkan masalah, namun juga berbasis solusi dan dampak positif yang mungkin terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Herik Kurniawan Ketua Umum IJTI mengatakan bahwa pihaknya telah banyak berkontribusi bagi kemajuan jurnalisme televisi di tanah air.

Hal itu diwujudkan melalui berbagai program untuk meningkatkan kompetensi para jurnalis serta turut menjaga kemerdekaan pers dengan penuh rasa tangung jawab.

“Semenjak berdiri 25 tahun yang lalu, IJTI berkomitmen menjaga profesionalitas jurnalis televisi melalui berbagai kegiatan peningkatan kompetensi bagi anggota di berbagai daerah di tanah air,” kata Herik.

Selain itu Herik menambahkan, IJTI juga tengah menggelorakan semangat jurnalisme positif sebagai upaya menciptakan jurnalisme yang berkualitas, bermartabat, mencerahkan, dan bermanfaat bagi publik.

“Jurnalisme Positif akan menjadi pegangan bagi seluruh jurnalis televisi. Di mana jurnalis televisi tidak sekedar menyampaikan fakta namun juga mampu menyajikan informasi yang untuh lengkap serta solutif,” jelasnya.

Adapun puncak perayaan HUT ke 25 IJTI akan dilaksanakan pada awal Oktober 2023 mendatang melalui sarasehan nasional jurnalis televisi. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
28o
Kurs