Rabu, 1 Mei 2024

Menlu: Cegah Bencana Kemanusiaan di Palestina Prioritas Mendesak

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Retno Marsudi Menteri Luar Negeri menyampaikan sambutan saat Pertemuan Komisi Kawasan Bebas Senjata Nuklir Asia Tenggara (SEANWFZ) di Jakarta, Selasa (11/7/2023). Pertemuan tersebut di antaranya membahas pemajuan penandatanganan Protokol Southeast Asia Nuclear Weapon-Free Zone. Foto: Antara

Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI mengatakan, pengakhiran siklus kekerasan, pelindungan warga sipil, dan pencegahan bencana kemanusiaan yang lebih parah di Palestina adalah prioritas yang mendesak.

Hal ini disampaikan Menlu Marsudi dalam pembicaraan melalui sambungan telepon dengan Faisal bin Farhan Al Saud Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Abdullah Bin Zayed Al Nahyan Menlu Uni Emirat Arab, Sameh Shoukry Menlu Mesir dan Riyad Al-Maliki Menlu Palestina.

“Saya berbicara dengan Menlu Arab Saudi, UEA, Mesir dan Palestina mengenai situasi yang mengkhawatirkan di Gaza,” ujar Marsudi pada platform X, dilansir Antara Sabtu (14/10/2023).

Selain itu, Marsudi juga membahas masalah Palestina dalam pertemuan bilateral di Jakarta dengan Mauro Vieira Menlu Brazil yang juga menjabat sebagai Presiden Dewan Keamanan PBB pada Oktober.

Konflik Palestina-Israel berlangsung sejak Sabtu (7/10/2023) lalu ketika Hamas mulai melakukan Operasi Badai Al Aqsa, yakni serangan mendadak dari segala penjuru termasuk serentetan peluncuran roket dan penyusupan ke Israel lewat jalur darat, laut dan udara.

Hamas mengungkapkan bahwa operasi tersebut sebagai balasan atas penyerbuan terhadap Masjid Al Aqsa di wilayah Yerusalem Timur yang diduduki dan peningkatan kekerasan oleh pemukim Israel terhadap warga Palestina.

Militer Israel kemudian melancarkan Operasi Pedang Besi untuk menargetkan Hamas di Jalur Gaza.

Aksi balasan Israel kemudian meluas hingga memutus pasokan air dan listrik ke Jalur Gaza sehingga memperparah kondisi kehidupan di wilayah yang terkepung sejak 2007 tersebut.(ant/iss/faz)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
32o
Kurs