Jumat, 29 Maret 2024

Menpora Persilakan Siapa Saja Maju Jadi Ketum di KLB PSSI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Zainudin Amali Menpora. Foto: Antara

Zainudin Amali Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mempersilakan siapa saja untuk maju mencalonkan diri menjadi ketua umum PSSI, dalam Kongres Luar Biasa (KLB) 16 Februari 2023 mendatang.

“Kepada siapapun yang ingin maju sebagai ketua umum PSSI di KLB yang akan datang dipersilakan. Tidak ada arahan untuk siapapun, apalagi presiden mengarahkan nama tertentu,” kata Zainudin dalam pernyataan tertulisnya, Senin (9/1/2023) dilansir Antara.

Dia menekankan bahwa pemerintah akan tetap mendukung perkembangan sepak bola Indonesia, terlepas dari siapa pun ketua umum terpilih nanti. Zainudin berharap ketua umum PSSI bisa membawa sepak bola tanah air menjadi lebih baik lagi.

Menpora juga menyampaikan harapan Joko Widodo Presiden, agar seluruh pihak dapat mempersiapkan Piala Dunia U-20 2023 dengan sebaik-baiknya. Karena, itu akan menjadi modal besar apabila Indonesia suatu saat nanti ingin mencalonkan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA.

“Sekali lagi perlu ditegaskan untuk KLB PSSI 16 Februari 2023 nanti, silakan saja yang memiliki hak suara untuk memilih Ketua Umum dan Exco lainnya sesuai dengan penilaian dan pertimbangan masing-masing, siapa yang layak dan punya kapasitas untuk organisasi sepak bola Indonesia ini,” tutup dia.

Sebagai informasi, masa jabatan Mochamad Iriawan Ketua Umum PSSI yang terpilih pada 2019, sejatinya baru akan habis pada akhir 2023.

Namun KLB PSSI harus digelar lebih cepat sebagai bagian dari rekomendasi Tim Independen Pencari Fakta (TGIPF), imbas Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang usai pertandingan Liga 1 antara Arema FC dan Persebaya Surabaya.

KLB pemilihan ketua umum PSSI akan berlangsung pada 16 Februari 2023, dengan pemilik suara adalah anggota PSSI (voters). Mereka yang ingin bersaing dalam KLB Pemilihan PSSI, harus mengajukan diri atau diajukan oleh voters.

Hingga saat ini belum ada satu pun nama yang resmi diajukan untuk masuk dalam pemilihan ketua umum pada KLB nanti. (ant/bil/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs