Minggu, 4 Desember 2022

Polling Institute: Masyarakat Dukung Erick Thohir Jabat Ketum PSSI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Erick Thohir Menteri BUMN dalam Kuliah Umum oleh BEM Fakultas Ekonomika dan Bisnis di Graha Unesa, Sabtu (22/10/2022). Foto: Humas Unesa

Lembaga survei Polling Institute mencatat hasil survei bahwa masyarakat mendukung Erick Thohir Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sebagai Ketua Umum PSSI berikutnya.

“Dari 13 pilihan nama, sebanyak 17,6 persen responden memilih Erick Thohir menjadi Ketua Umum PSSI, tertinggi dibandingkan yang lain,” ujar Muhamad Akib Peneliti Polling Institute dalam pemaparan hasil survei berjudul “Suksesi dan Kinerja PSSI: Persepsi dan Evaluasi Publik” di Jakarta secara daring, Rabu (23/11/2022) seperti dilaporkan Antara.

Menurut Akib, tingginya pilihan masyarakat tersebut diduga karena Erick Thohir kerap tampil di pemberitaan media setelah terjadinya peristiwa berdarah di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Setelah tragedi Kanjuruhan itu, Erick menjadi utusan Presiden Joko Widodo untuk menemui Gianni Infantino Presiden FIFA di Qatar guna membicarakan soal sepak bola Indonesia yang dilanda peristiwa Kanjuruhan.

Sementara itu, Hasani Abdulgani Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI juga menyambut baik dukungan masyarakat agar Erick menjadi Ketua Umum PSSI berikutnya.

Menurutnya, jejak Erick di dunia sepak bola sudah dikenal bahkan hingga dunia internasional, karena sempat menjadi Presiden Inter Milan klub ternama Italia dan juga memiliki klub DC United di Amerika Serikat.

“Ini pandangan saya secara profesional. Kalau diberi kesempatan, tentu Pak Erick akan merekrut orang yang berkompeten di bidang sepak bola, bukan pasukan sirkus,” ujar Hasani di sela pemaparan hasil survei Polling Institute

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan Polling Institute kepada 1.205 orang dalam rentang waktu 10-15 November 2022 melalui telepon.

Responden yang mereka pilih adalah yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan berlokasi di seluruh provinsi di Indonesia.

Adapun 12 nama lain yang ditanyakan bersamaan dengan Erick Thohir (17,6 persen) yaitu Kaesang Pangarep (6,0 persen), Dede Yusuf (5,1 persen), Mahfud MD (4,3 persen), Mochamad Iriawan (3,7 persen), Hary Tanoesoedibjo (3,5 persen), Nurdin Halid (2,6 persen), Azrul Ananda (2,2 persen), Achsanul Qosasi (2,0 persen), Dudung Abdurachman (2,0 persen), Prananda Surya Paloh (2,0 persen), Ratu Tisha Destria (1,4 persen) dan La Nyala Mattalitti (0,1 persen).

Hasil survei polling institute yang berjudul “Suksesi dan Kinerja PSSI: Persepsi dan Evaluasi Publik” pada simulasi 13 nama yang paling pantas menjadi Ketua Umum PSSI. Foto: Polling Institute

Polling Institute juga mengerucutkan perbandingan tersebut menjadi delapan nama, enam nama, dan empat nama, tetapi Erick Thohir tetap menjadi pilihan tertinggi di masyarakat.

Sebelumnya, pada pertengahan November 2022, lembaga survei lain, indikator, juga menyatakan bahwa Erick Thohir mendapatkan dukungan dari 24,1 persen responden untuk menjadi Ketua Umum PSSI, mengungguli tujuh nama lain.

PSSI akan menggelar kongres luar biasa (KLB) untuk memilih ketua umum, wakil ketua umum, dan anggota komite eksekutif (Exco) anyar pada 16 Februari 2023.

Sebelum itu, akan dilaksanakan Kongres Biasa untuk penentuan Komite Pemilihan (KP) dan Komite Banding Pemilihan (KBP) pada 14 Januari 2023.(ant/rum/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Minggu, 4 Desember 2022
25o
Kurs