Kamis, 2 Mei 2024

Mensos Dorong Kartar di Surabaya untuk Terlibat Meningkatkan Kesejahternaan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial (tengah) didampingi Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya (kanan) dan Fuad Benardi Ketua Kartar Surabaya (kiri) dalam kegiatan Konsolidasi Kartar Kota Surabaya, di Balai Pemuda, Minggu (10/9/2023). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Tri Rismaharini Menteri Sosial (Mensos) mendorong para pengurus Karang Taruna di seluruh Kota Surabaya, agar terlibat dalam upaya pemerintah kota dalam meningkatkan kesejahteraan sosial.

Pesan itu disampaikan Risma waktu menghadiri acara “Konsolidasi Akbar Karang Taruna Kota Surabaya” di Balai Pemuda Surabaya, Minggu (10/9/2023).

“Jadi tadi ada yang melakukan terkait bidang sosial dan macam-macam, itu sangat bagus karena dia peduli pada lingkungannya,” ucap Risma.

Risma mengaku optimistis dengan keberadaan karang taruna di Kota Pahlawan, yang bakal berdampak pada kemajuan perkembangan kondisi sosial, sebab merekalah yang sering bersinggungan dengan masyarakat.

Sehingga para pengurus karang taruna bisa mengetahui persoalan di setiap wilayah tempat mereka tinggal. Kedekatan itulah yang diharapkan mampu untuk mencarikan solusi yang nantinya disampaikan kepada Pemkot Surabaya.

“Pertama karang taruna ini juga termasuk agent of change dan kedua mereka adalah calon pemimpin-pemimpin Indonesia,” ujarnya.

Risma juga mengaku saat mengikuti konsolidasi, dia mendapatkan beberapa cerita soal program-program yang sudah digagas oleh masing-masing karang taruna di Kota Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya menyatakan komitmen pemerintah kota yang siap memfasilitasi wadah berkumpul para karang taruna.

“Karena itu saya bilang aset-aset bisa kami manfaatkan, sehingga nanti karang taruna juga menjadi bagian dari pengembangan kegiatan mereka,” ujarnya.

Langkah itu, kata Eri, juga untuk memperingati momentum “Hari Karang Taruna” pada tanggal 26 September 2023. Pemerintah Kota Surabaya bersama karang taruna tingkat kota juga tengah mempersiapkan konsep perayaannya.

“Menyambut Hari Karang Taruna, kami akan mengumpulkan semua agen perubahan dari semua karang taruna yang insya Allah berjumlah lebih dari 27 ribu. Kami lagi koordinasi di mana tempat penyelenggaraannya,” ujarnya.

Sementara itu Fuad Benardi Ketua Karang Taruna Kota Surabaya menyebut, para perwakilan karang taruna itu siap bersaing sebagai Duta Karang Taruna Kota Surabaya.

Para pendaftar kemudian menjalani tahapan seleksi hingga nantinya terpilih 31 duta karang taruna. Apabila terpilih menjadi duta, tugas mereka adalah mengembangkan wilayahnya melalui program di karang taruna.

“Mereka adu wawasan sekaligus pelatihan pengembangan diri yang mana nanti terpilih 31 pasang perwakilan masing-masing kecamatan,” ucapnya.

Fuad menyebut salah satu materi pengembangan yang diberikan kepada para duta karang taruna, yakni kewirausahaan.

“Agar teman-teman punya kegiatan yang mana akhirnya bisa lepas dari pengangguran dan menciptakan potensi ekonomi,” tutur Fuad. (wld/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 2 Mei 2024
29o
Kurs