Sabtu, 15 Juni 2024

Menteri PUPR: World Water Forum ke-10 untuk Ciptakan Kesadaran tentang Air

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
(kanan) Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam dalam pameran Water Art Installation di Jakarta, Minggu (3/12/2023). Foto: Antara (kanan) Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat dalam dalam pameran Water Art Installation di Jakarta, Minggu (3/12/2023). Foto: Antara

Basuki Hadimuljono Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan penyelenggaraan World Water Forum ke-10 pada Mei 2024 bertujuan menciptakan kesadaran (awareness) terhadap sumber daya air.

“Kepentingan kita adalah membuat awareness (kesadaran) kepada semua level pengelola air mulai dari pusat, regional, dan lokal untuk selalu aware dengan air,” ujar Minggu (3/12/2023) dilansir Antara.

Menurutnya, isu terkait sumber daya air bukan hanya isu nasional, melainkan juga isu global. Di World Water Forum ke-10, terdapat tiga topik pembahasan yakni tematik, politik, dan regional.

Dalam topik tematik telah ditentukan enam subtema yakni Water Security and Prosperity, Water for Humans and Nature, Disaster Risk Reduction and Management, Governance, Cooperation, and Hydro-diplomacy Sustainable Water Finance, Knowledge and Innovation.

Pada topik regional terbagi menjadi empat wilayah, yakni Mediterania, Asia Pasifik, Afrika, dan Amerika. Diperlukan pembahasan di level regional, karena setiap regional memiliki keunikan dan tantangan berbeda tentang air.

Sedangkan topik politik dibagi menjadi pertemuan tingkat kepala negara, menteri, parlemen, pemerintah daerah, dan otoritas wilayah sungai.

Penyelenggaraan World Water Forum ke-10 di Bali pada 2024, nantinya menjadi momentum peningkatan kerja sama untuk pengelolaan air secara global.

Permasalahan air menjadi penting karena air sumber daya alam yang tidak bisa manusia produksi sendiri.

Diketahui, World Water Forum merupakan forum lintas batas terbesar di dunia yang fokus dalam pembahasan isu-isu air dan mencari solusi global sebagai jawaban atas isu-isu tersebut.

Forum yang dilaksanakan pada 18-24 Mei 2024 ini mengusung tema “Water for Shared Prosperity”. Dengan membawa harapan bahwa  menjadi ajang berbagai pemangku kepentingan dari berbagai negara untuk berbagi pengalaman dan inovasi merespon berbagai tantangan pengelolaan air secara global. (ant/feb/bil)

Berita Terkait

..
Surabaya
Sabtu, 15 Juni 2024
30o
Kurs