Kamis, 16 Mei 2024

Mesir Tegaskan Tak Pernah Menutup Perbatasan Rafah sejak 7 Oktober

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Truk pembawa bantuan kemanusiaan untuk warga Palestina tengah menunggu pembukaan kembali perbatasan Rafah untuk memasuki Gaza pada 16 Oktober 2023 lalu. Foto: Reuters

Kementerian Luar Negeri Mesir menegaskan bahwa perbatasan Rafah tidak pernah ditutup dari sisi mereka sejak dimulainya pertempuran di Gaza pada 7 Oktober.

Ahmed Abu Zeid juru bicara kementerian mengatakan bahwa Israel lah yang menghalangi masuknya bantuan ke Gaza. Caranya dengan memberlakukan “prosedur yang menghalangi” disertai alasan yang lemah.

Dia menyerukan kepada mereka yang menuduh Mesir menutup perbatasan Rafah untuk merujuk kepada pernyataan terkait bantuan PBB dan internasional yang menegaskan bahwa Mesir memfasilitasi pengiriman bantuan dengan cara yang cepat dan berkelanjutan.

Dilansir dari Antara pada Rabu (15/11/2023), sampai hari ke-39 serangan Israel di Jalur Gaza, sedikitnya 11.240 warga Palestina telah tewas, termasuk lebih dari 7.700 perempuan dan anak-anak, dengan sekitar 29 ribu lainnya mengalami luka-luka, menurut angka terbaru dari otoritas Palestina.

Ribuan bangunan, termasuk rumah sakit, masjid dan gereja juga mengalami kerusakan atau hancur akibat serangan udara dan darat tanpa henti oleh Israel di daerah kantong yang terkepung itu sejak bulan lalu.

Sementara itu, jumlah korban tewas di Israel hampir 1.200 orang, menurut angka resmi. (ant/saf/iss)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 16 Mei 2024
33o
Kurs