Rabu, 1 Mei 2024

Mgr Vincentius Sutikno Wisaksono Uskup Surabaya Meninggal Dunia

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono Uskup Surabaya (kiri) ketika bertemu Paus Fransiskus di Basilika St. Petrus, Vatikan. Foto: HidupKatolik

Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono Uskup Surabaya meninggal dunia pada Kamis (10/8/2023) sekitar pukul 10.29 WIB di ruang intensive care unit (ICU) RS Katolik St. Vincentius a Paulo (RKZ) Surabaya.

Kabar kepulangan Uskup Surabaya disampaikan oleh RD Paulus Febrianto Sekretaris Keuskupan Surabaya dalam pesan yang diterima suarasurabaya.net, Kamis siang.

“Mari kita berdoa bagi kedamaian abadi jiwa beliau oleh karena belas kasih-Nya. Pengumuman tentang hal-hal selanjutnya akan disampaikan secara resmi oleh pihak Keuskupan Surabaya,” sebut Paulus Febrianto.

Dokter Agung Kurniawan Saputra Direktur Pelayanan dan Penunjang Medis RKZ Surabaya juga membenarkan kabar tersebut.

“Benar, beliau Uskup Surabaya wafat pada pukul 10.29 WIB di ICU RKZ Surabaya,” sebut Agung.

Dilansir dari laman resmi Keuskupan Surabaya, Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono adalah Uskup Surabaya sejak 29 Juni 2007. Ia menggantikan Johannes Sudiarna Hadiwikarta yang meninggal dunia.

Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono lahir di Surabaya pada 26 September 1953 dari pasangan Stephanus Widiatmo Wisaksono dan Ursula Madiyanti.

Ia menempuh pendikan di SD St. Mikael di Perak, Surabaya, SMP Angelus Custos di Kepanjen, Surabaya. Lalu
Seminari Menengah St. Vincentius a Paulo, Garum, Blitar. Kemudian Seminari Tinggi St. Paulus, Kentungan di Yogyakarta.

Selanjutnya Mgr. Vincentius Sutikno Wisaksono melanjutkan pendidikan magister dan doktoral di De La Salle University, Manila, Filipina.

Sebelum menjadi Uskup Surabaya, ia menjadi pastor pembantu paroki St. Yosef, Kediri, pembina/ekonom Seminari Menengah St. Vincentius a Paulo, Garum, Blitar.

Kemudian menjadi Rektor Seminari Tinggi Interdiocesan Giovanni, Malang. Lalu menjadi pastor pembantu di paroki Katedral Hati Kudus Yesus, Surabaya. (saf/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 1 Mei 2024
26o
Kurs