Minggu, 3 Maret 2024

Mobil Otonom dan Taksi Terbang Akan Dicoba di IKN Tahun Depan

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Proyeksi pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto : Antara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) bersiap untuk melaksanakan uji coba mobil otonom dan taksi terbang pada tahun depan.

Percobaan tersebut bertujuan untuk mendukung transformasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) menjadi kota pintar atau smart city.

“Kami sudah berbicara bagaimana tahun depan sudah ada showcase atau proof of concept bagaimana mobil otonom (autonomous vehicle) siap diujicobakan di sumbu kebangsaan,” ujar Mohammed Ali Berawi Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital OIKN, dilansir Antara pada Selasa (1/8/2023).

Ali menambahkan, selain menguji coba mobil otonom, OIKN berencana menguji coba taksi terbang atau mobil terbang sebagai bagian dari upaya membangun ekosistem mobilitas cerdas.

“OIKN juga sudah melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan salah satu provider teknologi dari Korea Selatan untuk mengembangkan urban air mobility atau taksi terbang (sky taxi). Uji coba tersebut siap kita lakukan juga pada tahun depan,” ujarnya.

Teknologi mobil terbang tersebut menyerupai sebuah drone yang dapat berisi penumpang dan barang. Salah satu fungsinya adalah untuk lebih mudah menjangkau daerah-daerah yang sulit ditempuh melalui jalan darat dan perbukitan.

Teknologi mobil terbang ini pun belum diproduksi secara massal sehingga masih membutuhkan berbagai pengembangan. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Minggu, 3 Maret 2024
26o
Kurs