Selasa, 7 Mei 2024

Tujuh Perusahaan Swasta Indonesia Siap Groundbreaking di IKN Nusantara

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Proyeksi pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Foto : Antara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) menyebut ada tujuh perusahaan swasta Indonesia dalam persiapan groundbreaking di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada Agustus atau September mendatang.

Melansir Antara, kabar ini disampaikan untuk investasi yang telah mencapai kesepakatan dengan investor. Terutama investor swasta dalam negeri yang telah berkomitmen untuk mengembangkan berbagai fasilitas, seperti rumah sakit, hotel, sekolah, perkantoran, dan mal.

Paling tidak, ada tujuh perusahaan swasta Indonesia yang sudah menandatangani kesepakatan dengan OIKN melalui Badan Usaha Milik Otorita yakni Bina Karya.

“Saat ini dalam fase persiapan untuk groundbreaking atau pembangunan di IKN pada Agustus atau September mendatang,” ujar Agung Wicaksono Deputi Pendanaan dan Investasi OIKN pada Minggu (30/7/2023).

Agung menambahkan, dengan demikian bisa dikatakan dalam waktu dekat investor swasta sudah mulai masuk untuk melakukan pembangunan di IKN Nusantara.

Selama ini pembangunan di IKN Nusantara berjalan dengan menggunakan APBN yang dilakukan oleh Kementerian PUPR, di mana progresnya berjalan dengan sangat baik.

“Dalam aspek investasi, di samping seluruh dunia menjalin kerja sama dengan OIKN, namun ada perusahaan-perusahaan swasta Indonesia yang telah menanamkan komitmen dan kesepakatannya karena IKN merupakan World City for All atau Kota Dunia untuk Semua, namun juga sebagai ibu kota negara Republik Indonesia dan karenanya para pengusaha Indonesia yang mengawali kesepakatan demi langkah ke depan,” ucap Agung. (ant/dvn/saf/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
25o
Kurs