Kamis, 22 Februari 2024

Nadiem Apresiasi Sydney University yang Dirikan Kampus di Surabaya

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Indonesia. Foto: Antara

Nadiem Anwar Makarim Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) mengapresiasi komitmen serta partisipasi aktif Western Sydney University (WSU) yang mendirikan kampus di Kota Surabaya, Jawa Timur (Jatim).

“Ini upaya mereka dalam membentuk generasi masa depan pemimpin Indonesia dengan mendirikan kampus internasional pertamanya di Surabaya,” kata Nadiem dalam keterangan tertulis yang dikutip Antara, Minggu (13/11/2023).

Untuk diketahui, WSU merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Australia yang dikenal dengan komitmennya terhadap standar edukasi yang tinggi dan inovatif.

Nadiem mengatakan pendirian kampus WSU di Surabaya jadi tonggak penting bagi Indonesia dan Australia, dalam meningkatkan akses pendidikan yang berkualitas.

“Saya berharap kolaborasi ini dapat semakin mengembangkan potensi mahasiswa Indonesia guna menjadi pemimpin bangsa di masa depan,” ujarnya.

Di sisi lain, Jason Clare Menteri Pendidikan Australia menuturkan bahwa pemimpin kedua negara telah bertemu pada Juli 2023, dan membahas pendidikan yang berkualitas di masa depan.

“Pendidikan, selain mengubah individu juga mampu mengubah sebuah bangsa,” kata Clare.

Barney Glover AO Wakil Rektor dan Presiden WSU berharap kehadiran kampusnya di Surabaya dapat berkontribusi untuk perkembangan ekonomi Indonesia, melalui pendidikan dan keterampilan praktik untuk mahasiswa.

Ia menuturkan kampus ini menjadi bentuk perwujudan komitmennya untuk membina kewarganegaraan global dan menciptakan peluang untuk pembelajaran lintas budaya.

Sementara itu, Jennifer Westacott Rektor WSU menjelaskan hadirnya WSU di Surabaya termasuk untuk mendukung pertumbuhan dan transformasi ekonomi lokal.

Menurutnya, ini akan menjadi peluang untuk memperkenalkan standar pendidikan berkualitas tinggi serta memperluas jaringan mitra di bidang pendidikan dan industri baik lokal maupun internasional.

Sebagai informasi, Kampus WSU di Surabaya terletak di Pakuwon Tower dengan fase pertama akan mampu memfasilitasi 1.000 mahasiswa, dan dalam fase kedua dapat memfasilitasi 1.700 hingga 2.000 mahasiswa.

Pada fase pertama, kampus ini akan menawarkan live program sarjana di bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM) yaitu Bachelor of Computer Science, Bachelor of Information and Communication Technology, Bachelor of Data Science, Bachelor of Engineering (Electrical), dan Bachelor of Business (Applied Finance).

Kampus rencananya dibuka pada September 2024. Saat peluncuran, kampus juga membuka peluang bagi pelajar yang ingin berpartisipasi di program inkubasi Launch Pad.

Launch Pad di kampus Surabaya akan menawarkan pendidikan serta pelatihan wirausaha, pembangunan usaha baru serta riset komersil dan transformasi industri.

Hal tersebut akan didukung dengan pendampingan bisnis dan akses ke keahlian teknologi digital terbaru untuk menciptakan ekosistem yang mendukung inovasi serta wirausaha tingkat global. (ant/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Trailer Mogok, Jembatan Branjangan Macet Total

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Bus Tabrak Tiang Listrik di Sukodadi Lamongan

Surabaya
Kamis, 22 Februari 2024
31o
Kurs