Senin, 29 April 2024

OIKN: Kualitas SDM Baik di IKN Dimulai Dari Pangan Bergizi dan Sehat

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Myrna Safitri Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN. Foto : Antara

Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang baik di IKN dimulai dari pangan bergizi dan sehat.

“Kualitas sumber daya manusia yang baik di IKN dimulai dari pangan yang bergizi dan sehat,” ujar Myrna Safitri Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN di Jakarta, yang dilansir Antara, Senin (18/12/2023).

Myrna mengatakan, pangan yang diproduksi di IKN merupakan pondasi penting dalam mendukung pembangunan Ibu Kota baru tersebut.

Penanaman simbolik ini bertujuan untuk mewujudkan kejayaan buah lokal di IKN sekaligus perwujudan komitmen mitra untuk berkontribusi pada pembangunan dalam bidang ketahanan pangan di IKN. Sekitar 10 persen luasan lahan di IKN merupakan lumbung ketahanan pangan.

Myrna mengatakan bahwa buah lokal harus dikembalikan kejayaannya dengan konsep baru yang lebih modern, dan menggunakan teknologi pertanian cerdas.

Adanya penambahan penduduk di IKN mengharuskan adanya ketercukupan pangan yang seimbang antara permintaan dan produksinya.

Dengan wilayah sebesar 10 persen dari wilayah IKN, intensifikasi sangat penting untuk dipromosikan dengan teknologi-teknologi pertanian yang lebih modern.

“Di lahan seluas 14 ha ini, petani dari Sukomulyo diarahkan kepada pertanian cerdas (smart farming) yang dapat meningkatkan efisiensi penggunaan lahan dan air, dengan konsep baru yakni hutan untuk pangan. Kita buat living lab untuk percontohan agro techno edu park yang dijadikan sebagai penelitian, wisata, dan lainnya,” ujar Myrna.

Kegiatan dan rencana pembangunan Agroteknoedu Park ini menunjukkan komitmen OIKN bahwa pembangunan tidak hanya di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP), tapi juga dirasakan di kawasan pengembangan IKN.

Sementara itu, Aswin Gantina Asisten Direktur Bank Indonesia (BI) Kalimantan Timur menyampaikan bahwa BI mendukung penuh pembangunan untuk ketahanan pangan di IKN.

Adapun BI saat ini sedang membangun kantor di IKN di mana groundbreaking dilakukan November 2023 lalu oleh Joko Widodo Presiden.

“Urusan pangan dapat berimbas pada inflasi. Karena itu kami menjaga dengan mendukung upaya pemerintah untuk ketahanan pangan,” katanya. (ant/and/bil/ham)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
31o
Kurs