Selasa, 7 Mei 2024

Otoritas IKN dan Kadin Adakan “Upacara Pertama” HUT RI

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pengibaran duplikat bendera merah putih pusaka dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan RI Ke-78 di Kota Nusantara, Kamis 17/08/2023. Foto: Antara

Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) bersama Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengadakan “upacara pertama” untuk memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia di Sumbu Kebangsaan, Ibu Kota Nusantara, Kamis (17/8/2023).

“Upacara hari ini merupakan pengantar untuk upacara tahun depan yang insya Allah akan dipimpin langsung oleh Presiden di Istana Negara di IKN. Dan alhamdulillah semuanya berjalan dengan khidmat.” ujar Bambang Susantono Kepala Otorita IKN, selaku inspektur upacara yang pertama kalinya itu.

Melansir Antara, kolaborasi Otorita IKN dan Kadin dalam penyelenggaraan upacara tersebut dilakukan sebagai bentuk nyata komitmen Otorita IKN dan Kadin untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara berkekuatan ekonomi ke-4 dunia yang tangguh pada sektor pangan dan kesehatan, berkelanjutan dalam misi mencapai emisi nol dan bersih serta inklusif, bersatu padu, dan bergotong royong dalam pembangunan.

“Pembangunan IKN ini merupakan upaya gotong royong kita bersama dan spirit dari kemerdekaan. Begitu pula upacara peringatan Hari Kemerdekaan di IKN ini, untuk mewujudkan sinergi para pengusaha Kadin bersama Otorita IKN sebagai simbol menuju Indonesia emas tahun 2045,” ucap Arsjad Rasjid Ketua Umum Kadin.

Upacara pengibaran duplikat bendera merah putih ini dilaksanakan bersamaan dengan upacara di Istana Merdeka yang merupakan upacara peringatan kemerdekaan kenegaraan terakhir yang dilaksanakan di Jakarta. Karena Joko Widodo (Jokowi) Presiden menargetkan untuk melakukan upacara peringatan kemerdekaan ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024.

Bambang berharap upacara hari ini menjadi modal perjuangan bangsa Indonesia dalam menjaga pencapaian target-target pembangunan di IKN.

“Sebulan ke depan teman-teman swasta sudah akan mulai pembangunan. Jadi tahun 2024, ketika kita kembali mengadakan upacara di sini sudah ramai bangunan fisik, tidak hanya gedung pemerintahan, tapi juga ada fasilitas umum yang bisa dinikmati,” ujarnya.

Selain upacara bendera, perayaan HUT ke-78 RI di IKN tahun ini juga diramaikan oleh beragam kegiatan lainnya yang dapat diikuti oleh warga setempat, seperti pelayanan kesehatan gratis dan pesta rakyat yang diisi dengan berbagai perlombaan, bazar, hingga pertunjukan musik. (ant/dvn/ham)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
26o
Kurs