Minggu, 28 April 2024

Parade 320 Dadak Merak Meriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Ponorogo

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ratusan seniman reyog dan jathil mengikuti serenade reyog obyok di alun-alun Kota Ponorogo, Kamis (10/8/2023). Foto: Istimewa

Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis (10/8/2023) menggelar “Serenade Reyog Obyok”, yakni parade 320 dadak merak, bucang ganong serta penari jathil yang dipusatkan di taman alun-alun setempat.

Kegiatan yang digelar mulai siang hingga sore itu pun berlangsung meriah.

Ribuan warga tampak antusias menyaksikan ratusan dadak merak yang tampil dalam serenade reyog obyok tersebut. Para seniman (reyog dan tari jathil) ini datang dari berbagai penjuru Ponorogo yang tersebar di 19 kecamatan.

Sugiri Bupati Ponorogo mengatakan, pemerintah daerahnya ingin mewadahi para seniman khususnya reyog obyok dalam momentum peringatan hari jadi Kabupaten Ponorogo dan HUT ke-88 RI.

“Reyog festival kita sudah punya agenda di Bulan Suro setiap tahun. Nah untuk reyog obyok diwadahi di hari jadi Ponorogo dan HUT RI,” katanya seperti dilansir Antara.

Tercatat, dalam kegiatan tersebut sedikitnya ada 320 dadak merak.

Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan kegiatan tahun lalu yang digelar di sepanjang jalan HOS Cokroaminoto sebanyak 307 dadak merak.

“Tahun lalu digelar di HOS Cokroaminoto karena mengganggu lalu lintas, kami pindah ke alun-alun biar terpusat biar elok,” ujarnya.

Sugiri menambahkan bahwa reyog sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat.

Setiap kegiatan yang menampilkan reyog dipastikan ramai. Di saat bersamaan ekonomi sekitar juga akan bergerak.

“Kalau ada reyog masyarakat mesti berdatangan, pedagang juga jalan dagangannya laris manis, tandanya ekonomi bergerak,” katanya.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
29o
Kurs