Sabtu, 27 April 2024

Pawai Ogoh-Ogoh Kuatkan Toleransi di Surabaya, Pemkot Wacanakan Jadi Agenda Tahunan

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ogoh-ogoh sedang bersiap akan diarak mengelilingi rute yang telah ditentukan dalam pawai ogoh-ogoh di Kenjeran, Surabaya, Selasa (21/3/2023). Foto: Abdi/magang suarasurabaya.net

Pawai ogoh-ogoh menjelang perayaan Hari Raya Nyepi menjadi bentuk kekuatan toleransi antar warga Surabaya.

Itu diungkapkan Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya saat menghadiri langsung Pawai Ogoh-Ogoh yang dipusatkan di Pura Segara Kenjeran Surabaya, Selasa (21/3/2023).

“Di sini lah, kita diajarkan sebagai umat manusia hari ini, dengan Pawai Ogoh-Ogoh maka sepatutnya tidak ada kesombongan diantara kita semua. Kita makhluk Tuhan yang penuh kekurangan. Di perayaan ini tidak hanya umat Hindu yang hadir, tapi umat lain juga. Surabaya adaah kota penuh toleransi,” kata Eri, Selasa (21/3/2023).

Eri menyebut, kehadiran ribuan masyarakat yang memiliki latar belakang agama, suku berbeda-beda menjadi kekuatan persaudaraan di Surabaya.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengibarkan bendera tanda mulainya pawai ogoh-ogoh di Pura Segara Kenjeran, Selasa (21/3/2023). Foto: Meilita suarasurabaya.net

“Perbedaan agama adalah keyakinan kita, tapi persaudaraan kita tidak pernah mati sampai kapan pun,” tambahnya.

Ia minta momen ini semakin mengingatkan bahwa perbedaan di Surabaya selalu bisa disatukan dengan satu ideologi Pancasila.

“Sampai kapan pun, seluruh suku di Surabaya harus mengatakan NKRI harga mati. Kita saling menghormati adalah kewajiban kita. Saling gotong-royong adalah kekuatan kita,” tegasnya.

Pawai Ogoh-Ogoh, lanjut Eri, direncanakan akan jadi agenda tahunan Kota Surabaya. Sehingga, rute pawai akan melewat jalur-jalur kota.

“Tahun depan akan lebih besar dari ini. Semua warga bisa lihat dan tahu di kegiatan tahunan Surabaya. Salah satunya Pawai Ogoh-Ogoh. Rute akan didiskusikan dulu. Bisa di tengah kota juga biar kita tahu ini salah satu wisata Surabaya,” terangnya.

Menanggapi itu, Ketut Gotra Astika Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Surabaya menyambut baik.

“Kita sudah pernah di Taman Bungkul, Tugu Pahlawan, ini rencananya kita akan buat ogoh-ogoh tahun depan di jalan-jalan yang space sesuai kehendak Pemkot,” katanya.

Diketahui Pawai Ogoh-Ogoh di Pura Segara Kenjeran mengarak total 6 patung. 5 di antaranya akan dibakar, satu lainnya dikembalikan dan dipajang di depan Taman Surya Balai Kota Surabaya. (lta/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
31o
Kurs