Rabu, 24 April 2024

Jelang Libur Nyepi, Sekitar 64 Ribu Tiket dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Terjual

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Suasana di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Foto : Faiz Fadjarudin suarasurabaya.net

Eva Chairunisa Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta mengatakan, menjelang libur bersama pada momen hari besar keagamaan Nyepi yang berlanjut dengan libur akhir pekan, keberangkatan penumpang Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen mengalami peningkatan.

“Hingga pagi tadi, secara total terdapat sekitar 64 ribu tiket yang telah terjual untuk jadwal keberangkatan pada tanggal 21 sampai 26 Maret 2023,” ujar Eva dalam keterangannya, Selasa (21/3/2023).

Dari jumlah tersebut, kata Eva, 26 ribu merupakan tiket keberangkatan Stasiun Gambir dan 38 ribu tiket keberangkatan Stasiun Pasar senen. Angka volume penumpang berangkat masih akan mengalami perubahan mengingat penjualan tiket masih berlangsung.

“Untuk tanggal 21 sampai 26 Maret 2023 setiap harinya terdapat 58 hingga 60 KAJJ per hari yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta,” jelasnya.

Menurut Eva, volume penumpang berangkat pada momen libur bersama hari besar keagamaan Nyepi dari area Daop 1 Jakarta paling tinggi akan terjadi pada hari ini, Selasa (21/3/2023) dengan layanan 58 KA yang beroperasi.

“Terdata sekitar 26 ribu penumpang telah melakukan pemesanan tiket untuk jadwal keberangkatan hari ini dengan jumlah sekitar 15 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dilayani 29 KA dan sekitar 11 ribu lainnya penumpang berangkat dari Stasiun Gambir dengan layanan 29 KA. Jumlah tersebut masih akan mengalami perubahan mengingat proses pemesanan tiket masih dapat dilakukan,” tegasnya.

Eva mengungkapkan, jika dibandingkan dengan hari Selasa minggu lalu atau 15 Maret 2023, maka volume penumpang pada hari ini mengalami peningkatan hampir 70 persen.

Terdapat sejumlah kota tujuan favorit yang dipilih penumpang seperti di antaranya Yogyakarta, Semarang, Purwokerto, Solo, Tegal, Kutoarjo, Surabaya dan Malang, sedangkan untuk jarak dekat yakni Cirebon serta Bandung.(faz/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs