Kamis, 9 Mei 2024

PBB Tegaskan Rumah Sakit Tidak Boleh Dijadikan Medan Pertempuran

Laporan oleh Muhammad Syafaruddin
Bagikan
Asap mengepul saat pengungsi Palestina berlindung di Rumah Sakit Al Shifa di Kota Gaza pada Rabu (8/11/2023). Foto: Reuters

Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) menegaskan bahwa rumah sakit tidak seharusnya menjadi medan perang setelah penyerbuan militer Israel ke RS Al-Shifa di Gaza.

“Rumah sakit seharusnya tidak menjadi medan pertempuran. Pasien seharusnya tidak bertempur di rumah sakit. Rumah sakit tidak boleh menjadi medan pertempuran di mana pun di seluruh dunia. Hentikan sepenuhnya,” ujar Stephane Dujarric juru bicara PBB.

Melansir dari Antara, sebuah tank Israel menyerang kamar pasien di Kompleks RS Al-Shifa pada Rabu (15/11/2023), menurut Kementerian Kesehatan Gaza.

“Kami sangat khawatir mengenai apa yang kami saksikan. Kami hanya dapat membaca laporan saat ini karena kami tidak memiliki orang di lapangan. Yang jelas adalah rumah sakit tidak boleh dijadikan arena tempur. Mereka dilindungi di bawah hukum kemanusiaan internasional,” lanjut Dujarric.

PBB mengawasi dan menyaksikan gambar “sangat mengganggu” dan laporan yang datang dari RS Al-Shifa, lanjut dia, serta menyerukan semua pihak untuk menghormati hukum kemanusiaan internasional.

Di saat yang sama, Dujarric juga menyampaikan mengenai kecelakaan yang menimpa Catherine Russel Direktur Eksekutif UNICEF di Mesir dalam perjalanan ke Gaza pada Selasa (14/11/2023).

Kecelakaan tersebut membuat Russel membatalkan seluruh kegiatannya yaitu mengunjungi Gaza dan juga Israel untuk bertemu dengan keluarga dari anak-anak yang disandera. (ant/mel/saf/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
32o
Kurs