Senin, 29 April 2024

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya Sudah Terima 64 Ribu Pemudik pada H-5 Lebaran

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Ilustrasi mudik bareng. Foto: Bram suarasurabaya.net

Pada H-5 Lebaran, pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sudah menerima 64.346 orang. Dengan rincian penumpang turun 44.601 orang dan 19.745 penumpang naik melalui Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara (GSN).

Dhany Rahmat Agustian General Manager Pelabuhan Kalimas dan Terminal Penumpang GSN mengatakan puncak mudik di pelabuhan telah berlangsung pada Sabtu (15/4/2023) kemarin dengan total penumpang naik maupun turun berjumlah 12.020 orang.

“Tapi di pelabuhan ini kadang tiba-tiba ada kejutan dengan lonjakan penumpang yang turun,” kata Dhany kepada suarasurabaya.net, Senin (17/4/2023).

Puluhan ribu orang yang turun melalui GSN ini didominasi dari tiga daerah asal perantauan para pemudik. Antara lain, Makassar Sulawesi Selatan, Balikpapan Kalimantan Timur, dan Banjarmasin Kalimantan Selatan.

Dhany menuturkan, para pemudik ini didominasi oleh pekerja non formal yang merantau ke luar pulau. Dan tidak menutup para perantau ini akan kembali memadati arus mudik di pelabuhan pada tanggal 18 dan 19 April nanti.

Terkait pembeludakan penumpang turun, pihak pelabuhan sampai sejauh ini sudah melakukan rekayasa yang efektif supaya tidak terjadi penumpukan massa saat kedatangan para pemudik.

“Untuk pemudik yang belum naik di ruang tunggu sementara, kami masukkan ke terminal penumpang empat jam sebelum keberangkatan asalkan sudah punya tiket. Itu akan mengurangi beban dari ruang tunggu sementara dan penumpukan yang ada,” jelas Dhany.

Kemudian untuk mengantisipasi adanya calo tiket pada arus balik nanti, Dhany menjelaskan pihaknya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk operator kapal.

“Kami juga memasang beberapa scan barcode yang itu bisa difoto penumpang kapal. Mereka bisa mengetahui kapan mereka boleh masuk kapan boleh naik ke kapal,” tuturnya.

Sementara itu untuk suasana di terminal penumpang GSN sore tadi terpantau lenggang dan pihak pelabuhan baru menerima kapal bersandar dari pemudik di rentang waktu 16.00 hingga 22.00 WIB.(wld/ihz/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
32o
Kurs